A Tale of Spanish Tapas

20-11-2015 11:11:18 By Tyas Pamungkas
img

Everybody loves Tapas! Si mungil asal Spanyol ini tengah digandrungi warga Jakarta karena porsinya yang kecil tapi bisa dinikmati bersama. Bar Tapas sebenarnya sudah bermunculan dua tahun belakangan. Tapi, makanan asal Spanyol ini tak kehilangan pamor, justru menjadi pilihan utama kala ingin menikmati waktu luang bersama orang-orang terdekat. Tapas sendiri sebenarnya tidak mengacu pada satu jenis makanan, melainkan beberapa jenis makanan yang disajikan dalam porsi kecil. Mungkin kamu mengenal Paella, Risotto, dan Calamari. Nah, makanan itu merupakan beberapa jenis Tapas. Tapas biasanya dimakan orang-orang Spanyol saat hangout di bar dan bisa disajikan baik panas maupun dingin. Makanan ini biasanya difungsikan sebagai penghangat percakapan, karena orang-orang tidak terfokus pada makanannya. Di beberapa negara, tapas bahkan disajikan untuk dimakan sambil berdiri dalam beragam acara. Makanan ini rupanya punya sejarah yang cukup panjang. Berasal dari kata ‘tapa’ yang artinya penutup, dulu Tapas disajikan dalam piring kecil yang diletakkan di atas gelas sebagai tutup agar serangga atau hewan-hewan kecil tidak masuk. Salah satu teori menyebutkan bahwa Tapas berasal di antara abad 13-15 dari Raja Alfonso yang menyediakan beragam makanan kecil saat ia sakit. Alfonso kemudian memerintahkan semua bar di Spanyol untuk menyediakan makanan yang sama. Jenis Tapas sangat banyak dan beragam. Ada Aceitunas, buah zaitun yang diisi oleh teri dan lada hitam, ada juga Chorizo Al Vino berupa sosis chorizo yang dimasak dalam wine, ada lagi Raxo berupa daging babi yang dibumbui bawang dan peterseli ditambah paprika bernama zorra. Nah, JakartaVenue merekomendasikan beberapa jenis Tapas yang bisa kamu pesan kalau kebetulan mampir ke Tapas bar.

Ensaladilla

Tapas ini biasa dikenal dengan nama Ensaladilla Rusa. Walau berasal dari Rusia, Ensaladilla Rusa sangat terkenal di Spanyol, bahkan menjadi makanan wajib di sekolah-sekolah saat summer camps. Ensaladilla adalah salad kentang yang dicampur tuna dan mayones dan biasa disajikan dalam jumlah besar di pesta yang besar pula. Kamu bisa memesan tapas jenis sebagai pembuka sebelum memesan tapas lain.

Calamares

Mungkin kamu mengenalnya dengan nama Calamari, cumi-cumi goreng berbentuk cincin menjadi hidangan cemilan di berbagai restoran. Calamares ini sama dengan Calamari dan cocok dimakan sebagai side dish berbarengan dengan tapas lainnya.

Patatas Bravas

Patatas Bravas adalah kentang goreng potong dadu yang disajikan bersamaan dengan saus tomat pedas. Kadang disajikan pula dengan mayones atau aioli. Kamu bisa menikmatinya bersama sahabat dengan mengunjungi Bar Tapas yang bertebaran di Jakarta, seperti Entrada di SCBD, BAM! Tapas and Sake di Plaza Indonesia, Plan B di Senayan, atau Tapas Movida di Cipete. Selamat berburu Tapas!