5 Things You Should Know About Matcha

26-08-2015 11:08:30 By Tyas Pamungkas
img

Matcha mulai menjadi minuman populer dan trendi bagi warga Jakarta. Berbentuk asli bubuk, matcha berasal dari daun teh yang diproses secara hati-hati bahkan sebelum dipanen agar menghasilkan rasa dan kualitas kelas satu. Kini, matcha menjadi pilihan di berbagai restoran atau kafe karena keunikan rasanya.  JakartaVenue merangkum lima hal yang harus kamu ketahui mengenai minuman trendi satu ini.

Matcha Offers Health Benefits

Matcha dibuat dari the berkualitas tinggi, dengan daun-daun pilihan. Hal itulah yang membuat nutrisi di dalamnya jauh lebih banyak daripada teh hijau biasa. selain mengandung vitamin dan mineral, matcha juga mengandung antioksidan berkadar tinggi bernama polyphenols yang mampu menambah kekebalan tubuh terhadap risiko serangan jantug, kanker, dan membuat sirkulasi darah lancar.

It Contains Caffeine

Kadar kafein yang terkandung dalam matcha tiga kali lebih banyak dari teh biasa atau setara dengan brewed coffee. Perbedaannya terletak pada cara tubuh menangani kafein ini. Jika sehabis meminum kopi jantung kamu biasa berdebar tak teratur, matcha memberikan ketenangan tersendiri sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan konsentrasi tinggi. Kalau kamu termasuk orang yang punya gangguan tidur, coba minum matcha enam jam sebelum jam tidur tiba.

The Powders Maybe Sweetened And The Quality Varies

Rasa asli matcha dideskripsikan oleh sebagian orang seperti bayam. Jadi, agar lebih ramah di lidah, ada pemanis yang digunakan. Hal itulah yang membuat minuman trendi ini berubah fusion: matcha dicampur gula atau susu sehingga rasa asli matcha tak terasa. Kalau kamu termasuk pleasure seeker, jangan minum matcha yang sudah dimodifikasi. Pengamat teh menyatakan bahwa kualitas asli matcha bisa dilihat dari harganya.

Matcha Traditionally Involves Meditation

Teh merupakan sarana meditasi jika dilihat dari budaya asli Upacara Minum Teh Jepang. Karena manfaatnya yang mampu menenangkan itulah, matcha bagus diminum sebelum meditasi, atau jika disesuaikan dengan kebiasaan sekarang – yoga. Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah menurunkan kadar stress, penuaan dini, dan menurunkan tekanan darah.

It Can Be Incorporated Into Meals

Matcha bisa dikombinasikan dengan makanan! Kalau kamu mencari resep matcha, muncul makanan-makanan seperti muffin, brownies, atau puding dengan rasa khas matcha. Manfaat baik yang terkandung dalam bubuk matcha tak akan hilang begitu saja, justru rasa matcha yang khas akan menguat dan menjadi cemilan spesial buatmu!