5 Hal Seru di Popcon Asia 2015

11-08-2015 09:08:43 By Tyas Pamungkas
img

Popcon Asia 2015 yang digelar 7 hingga 9 Agustus 2015 lalu disebut-sebut sukses menjadi ajang para kreator lokal untuk mengenalkan karyanya pada khalayak yang lebih luas. Ribuan orang datang untuk melihat karya kreator lintas bidang mulai dari komik, ilustrasi, animasi, film, mainan, hingga fashion. JakartaVenue merangkum hal-hal seru yang dijumpai pada ajang Popcon tahun ini.

Misi Cosmodex

Cosmodex adalah nama untuk buku panduan Popcon Asia 2015. Isinya lengkap, mulai dari deskripsi Popcon, jadwal dan detail acara per hari, dan denah area. Selain panduan, ternyata ada misi yang diselipkan bagi para pengunjung untuk diikuti. Misi ini membantu Cosmonaut (julukan bagi pengunjung) untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas seru di Popcon. Jadi, Cosmonaut diminta untuk mendatangi 15 booth yang telah ditentukan dan tertera dalam buku. Di setiap booth, pengunjung akan diminta untuk melakukan tantangan demi mendapatkan stiker untuk ditempel pada buku. Jika pengunjung selesai mengumpulkan 15 stiker, panitia akan melakukan validasi dan memasukkan kupon yang terdapat di lembar Cosmodex untuk diundi dan mendapatkan hadiah. Adanya challenge ini membuat pengunjung merasa tertantang dan akhirnya menjelajahi booth-booth dengan penuh semangat!

Bermain Virtual Badminton Poppo Smash

Poppo Smash adalah game badminton virtual yang dilakukan menggunakan perangkat mobile tersambung dengan monitor. Jadi, Cosmonaut bisa melakukan pertandingan bersama lawan dengan lima kali kesempatan. Sensasi yang didapatkan mirip ketika kamu bermain game di Nintendo Wii. Bedanya, Poppo Smash adalah karya anak bangsa, kolaborasi Jotter Production dan Agate Studio. Ada challenge juga yang bisa diikuti pengunjung, yaitu dengan mencoba bermain Poppo Smash, kemudian twitpic dengan mention @PopconAsia dengan hashtag #PoppoSmashGame. Pengunjung yang beruntung mendapatkan hadiah berupa set papertoy dan komik Marvel.

Kosmik Mook

Kosmik Mook adalah majalah dan portal komik Indonesia. Majalah ini berisi karya komikus lokal dengan citarasa lokal namun kualitas internasional. Ajang ini dimanfaatkan sebagai rilis edisi pertamanya. Setelah dibaca, majalah ini ternyata memang benar-benar menarik. Misalnya komik Rixa, yang menceritakan tokoh perempuan bernama Antariksa yang bercita-cita ingin menjadi astronot. Hal ini merupakan wujud mimpi setiap anak Indonesia yang yang ingin menjelajahi ruang angkasa. Ternyata, kisah ini tak muncul begitu saja, tapi melalui riset dari Badan Antariksa Indonesia. Selain Rixa, kamu juga bisa membaca komik Jamu Sakti karya Octo Baringbing dan Mogri, Juki Space Adventure karya Faza Meonk, atau Manungsa karya Erfan Fajar. Di ajang launching ini antusias pengunjung di booth Kosmik Mook meledak. Lima ratus eksemplar komik yang dibawa ludes baik melalui pre-order maupun pembelian on the spot pada hari kedua Popcon. Jika penasaran dengan isinya, kamu bisa juga mendapatkan majalah komik ini di toko buku terdekat!

Pertandingan Board Game dan Console Game

Tak hanya melihat-lihat atau membeli karya kreator Indonesia. Popcon 2015 juga memberikan kesempatan bagi kamu yang menyukai board game. Arena board game ini dibawa oleh Komunitas Arcanum yang mendirikan booth dengan area yang cukup luas. Para Cosmonaut bisa mencoba berbagai jenis game seperti Chaos in The Old World, The Walking Dead, Warhammer Conquest Takenoko, dan berbagai game lain secara gratis. Selain board game yang peminatnya membludak, area game console dari Playstation 4 juga mendapatkan tempat di hati Cosmonaut. Di hari kedua Popcon, Cosmonaut bisa bertanding dalam Assasins Creed Syndicate. Kemampuan pemain diuji dan bisa ditonton oleh orang lain karena berada di area yang terbuka!

Berfoto Bersama Cosplayers

Popcon 2015 ternyata dijadikan ajang pamer para cosplayers. Orang-orang berkostum unik bermunculan dan memamerkan kreativitasnya dalam menirukan tokoh dan karakter seperti Spiderman, Inuyasha, Darth Vader, Mario dan Luigi, dan Hatsune Miku. Nah, para Cosmonaut tentu bisa berfoto bersama karakter-karakter ini sehingga bisa dipajang di media sosial sebagai bukti kehadiran di Creative Galaxy! Itu dia keseruan yang bisa didapatkan dalam event tahunan yang sudah memasuki tahun keempat ini. Semoga di Popcon tahun depan keseruan ini bisa bertambah karena itu adalah bukti bahwa kreativitas anak muda Indonesia terus berkembang!