4 Proven Health Benefits of Green Tea

22-07-2015 05:07:01 By Tyas Pamungkas
img

Teh hijau atau greentea kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Selain rasanya yang sederhana, banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kita rajin meminum greentea. Artikel di bawah ini memuat manfaat teh hijau bagi kesehatanmu. Sudah saatnya kamu mengganti minuman berkarbonasi atau berkadar gula tinggi dengan minuman satu ini!

Compounds In Green Tea Improve Brain Function

Teh hijau mengandung kafein yang baik untuk stimulus otak. Walau kadarnya tak sebanyak kopi, tapi sebenarnya kafein dalam teh hijau cukup untuk membantu otakmu bekerja. Selain itu, teh hijau mengandung L-theanine yang ketika dikombinasikan dengan kafein akan meningkatkan fungsi otakmu. Kalau kamu masih terbiasa dengan kopi, jadikan teh hijau sebagai komplemen atau pelengkap minumanmu agar otak makin sehat dan menjadikan kamu aktif sepanjang hari.

Green Tea Increases Fat Burning

Teh hijau mampu meningkatkan dan menstimulus metabolisme tubuh. Dengan kata lain, minuman satu ini mampu meningkatkan pembakaran lemak. Kalau kamu rajin mencari informasi mengenai pembakaran lemak, teh hijau biasanya dijadikan sebagai pilihan pertama! Selain pembakaran lemak, teh hijau juga dikenal dengan manfaatnya pada kulit: membersihkan jerawat, membuat kulit kencang, dan melawan radikal bebas yang bisa membuat kamu tampak awet muda.

Green Tea Kills Bacteria And Improves Dental Health

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu membunuh bakteri dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari virus influenza. Selain itu, kemampuan teh hijau dalam menetralisir kadar gula bisa membuat kamu terhindar dari diabetes. Manfaat lain yang bisa kamu rasakan ketika rutin mengkonsumsi teh hijau adalah menekan pertumbuhan plak di gigi yang bisa membuat mulutmu sehat.

Increases Physical Performance

Manfaat lain dari teh hijau adalah meningkatkan performa fisik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan rajin meminum teh hijau, performa tubuhmu akan meningkat 11-12%. Kamu jadi bisa beraktivitas dengan tenang tanpa takut cepat lelah atau ngantuk. Hey, satu lagi manfaat minuman ini: menurunkan tekanan darah. Itulah kenapa kalau kamu merasa lebih rileks setelah meminum satu cangkir teh hijau hangat. Manfaat di atas bisa dirasakan jika kamu rutin mengkonsumsi teh hijau murni dua hingga tiga kali sehari. Kurangi meminum teh hijau dalam kemasan yang biasanya ditambahkan pemanis buatan. Oh iya, usahakan makan dulu sebelum mengkonsumsi minuman ini karena kafein di dalamnya bisa menyebabkan gangguan lambung. Selain itu, hindari meminum teh hijau di malam hari karena bisa mengganggu pola tidur dan meningkatkan kadar stress. Jadi, sudah siap meninggalkan minuman dengan kadar gula tinggi?