Five Favorite Bands This Summer

16-07-2015 12:07:54 By Tyas Pamungkas
img

Musim panas belum usai! Saatnya update musik di iPod dengan berbagai band yang mengusung kualitas berbeda untuk meraih eargasm. Here are essential summer songs, as chosen by JakartaVenue editorial team, including Echosmith, Flight Facilities, Rufus, Sheppard and Panama.

Echosmith

Echosmith adalah band indie pop Amerika yang terbentuk tahun 2009 di Chino, California. Digawangi empat bersaudara: Graham, Sydney, Noah, dan Jamie Sierota, mereka melakukan cover akan lagu-lagu populer seperti “I Will Wait” milik Mumford and Sons, “Light” milik Ellie Goulding, “Set Fire To The Rain” oleh Adele, dan “Princess of China” milik Coldplay dan Rihanna. Tak berhenti sampai disitu, mereka akhirnya mendunia dengan platinum ganda berkat lagu “Cool Kids” yang mencapai peringkat 13 di tangga lagu Billboard dan menjadi penjualan terbesar kelima Warner Bros Record. Pada 2013, mereka merilis debut album Talking Dreams. Warna yang dibawa oleh band ini adalah The Smiths yang dipadukan dengan citarasa band rock tahun 80-an.

Flight Facilities

Flight Facilities adalah duo musisi elektronik asal Australia: Hugo Gruzman dan James Lyell. Tahun 2009, mereka mulai melakukan mixing lagu-lagu berbagai musisi yang diolah lagi menjadi citarasa original mereka. Pada 2014, mereka merilis album Down to Earth bekerjasama dengan nama-nama hits di industry music seperti Kylie Minogue, Emma Louise, Reggie Watts, Bishop Nehru, Owl Eyes, dan Stee Downes. Single yang harus kamu coba dengarkan adalah “I Didn’t Believe”, “Stand Still”, “Two Bodies”, dan “Sunshine”.  Setelah mendengarkan album terbarunya, muncul kesan timeless karena kompilasi berbagai lagu dance yang bisa didengarkan bahkan hingga tahun-tahun mendatang. Dalam “Sunshine”, muncul suara Reggie Watts yang mampu membuat kamu merasa mendengarkan lagu funk era 70 hingga 80an. Sedangkan pada “Apollo”, kita seolah dibawa ke tahun 90-an, dengan ketukan house minimalis dan kekuatan vokal yang menenangkan. Related post: Devotion: Sebuah Perspektif Musik Modern ala Jessie Ware

Sheppard

Mereka merilis debut album bertajuk “Bombs Away” pada Juli 2014 dan berhasil meraih peringkat pertama selama tiga pekan dalam ARIA Singles Chart dengan single “Geronimo”. Sheppard adalah band pop indie asal Australia yang terbentuk di Brisbane tahun 2008. Awalnya, Sheppard berbentuk duo digawangi oleh George dan Amy Sheppard. Merasa kurang sempurna, mereka mengajak Jay Bovino, Emma Sheppard, Michael Butler, dan Jared Tredly.  Seiring dengan perkembangan music indie di Australia, Sheppard adalah band yang patut diantisipasi oleh band-band dari major label dengan wawasan musik yang kaya dan easy listening tentunya.

Rufus

Satu lagi musisi asal Australia dengan ciri khas musik yang mampu membuatmu terkagum-kagum.  Tyrone Lindqvist di vokal, Jon George sebagai gitaris, dan James Hunt di drum memberikan sensasi lagu elektronik yang menenangkan. Mereka terbentuk tahun 2010 dan langsung merilis EP bertajuk “RUFUS EP” dengan “We Left” sebagai single-nya. EP kedua berjudul “Blue” mereka rilis pada tahun 2012. Tahun lalu, mereka akhirnya mengeluarkan debut album studio dengan nama “Atlas” yang melahirkan tiga single “Take Me”, “Desert Night”, dan “Tonight”, dan “Sundream”. Di tahun yang sama, RUFUS meraih penghargaan di AIR Awards dalam dua kategori sekaligus: Best Independent Dance, Electronica Album dan Best Independent Dance, Electronica or Club Single untuk “Atlas”. Related post: HAIM Konsisten Bermusik Dengan Campuran Aliran

Panama

Walau belum memiliki reputasi sebaik Sheppard, band asal Australia ini layak didengarkan dengan kualitas musik yang unik. Digawangi Jarrah McCleary dan Tim Commandeur, mereka telah mengeluarkan dua EP bertajuk “It’s Not Over” dan “Always” dengan single-single berjudul “Strange Feelling”, “Stay Forever”, dan “Jungle”. Unik dan artistik, itu dia yang bisa saya tangkap ketika mendengarkan musik-musik dari band di atas. Sensasi berbeda dan tak biasa juga bisa disimpulkan ketika melepas earphone. Saya bisa menjadikan lagu-lagu dari band di atas untuk masuk dalam playlist “Ultimate Summer” dalam perangkat pemutar musik. Kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu band tersebut secara live dalam We The Fest 2015 yang digelar 9 Agustus di Parkir Timur Senayan!