How to Care Your Leather Jacket

10-07-2015 04:07:54 By Tyas Pamungkas
img

Jaket kulit merupakan salah satu ikon fashion yang bersifat everlasting karena karakter yang dimiliki. Salah satu karakter uniknya adalah mampu memberikan kehangatan di musim dingin dan kesejukan di musim panas. Selain fungsi, jaket kulit juga memberikan tingkat kepercayaan diri lebih bagi penggunanya, terutama para bikers. Sebagian orang menghindari pemakaian jaket kulit karena malas merawatnya. Sekilas, memang benar kalau jaket kulit butuh perawatan khusus. Tapi, perawatan akan jaket kulit jika dilakukan secara teratur sesuai instruksi akan membuat jaket kulitmu menjadi tak ternilai harganya. Jadi, ini dia cara merawat jaket kulit agar tak kusam dan menambah rasa percaya dirimu.

Knowing Type of The Leather

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat melakukan perawatan terhadap jaket kulit adalah mengenali jenis kulitnya! Kualitas kulit ditentukan oleh berbagai faktor, yaitu jenis kulit, kesehatan binatangnya, kulit dari bagian tubuh mana yang digunakan, dan bagaimana konstruksinya ketika kulit sudah berbentuk jaket. Kulit sapi adalah jenis yang paling banyak ditemui, biasa digunakan untuk boots, sepatu, dan peralatan lain. Kulit kerbau merupakan jenis yang berikutnya, tak seawet kulit sapi, tapi lebih murah karena stoknya yang banyak di pasar. Kulit domba merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk jaket, celana, dan fashion item lain. Terakhir, kulit biri-biri yang memiliki karakter lebih tipis, lebih awet, dan biasanya memiliki harga lebih mahal.

Cleaning

Saat membersihkan, pastikan cairan yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit. Kebanyakan produk pembersih yang dijual di department store memang sudah aman, tapi kamu sebaiknya tetap menanyakan kualitas produk pada SPG untuk memastikan.  Hindari cairan pembersih yang meninggalkan noda pada kulit, karena noda itu jika menumpuk akan merusak jahitan. Sebelum mulai membersihkan, coba dulu cairan pembersih pada bagian kecil yang tak terlihat. Kalau kamu gak menemukan indikasi perubahan warna, baru gunakan pembersih tersebut pada seluruh bagian jaket. Pastikan kamu membersihkan jaket kulit dalam kondisi sebelum kering, baru keringkan dengan digantung dan pastikan tak ada hal-hal yang bisa mengubah bentuk jaket. Saya merekomendasikan kamu menggunakan nubuck cloth, peralatan khusus untuk membersihkan kulit dan mengembalikan kulit ke kondisi asal.

Conditioning

Semua tipe kulit membutuhkan kondisioner agar kulit tak kaku dan keras hingga mengubah bentuk aslinya. Kamu harus memperhatikan produk kondisioner kulitnya sama seperti produk pembersih yang tidak meninggalkan noda. Utamakan produk yang mampu merawat dan melembutkan hingga ke serat-serat kulit. Lakukan perawatan ini lebih sering jika jaket kulitmu lebih sering terpapar matahari.

Polishing

Untuk mendapatkan hasil clean and glossy, poles jaket kulitmu menggunakan cairan khusus. Hati-hati saat melakukan pemolesan, beberapa produk bisa mengubah warna asli, bahkan mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit. Maka itu, kamu harus hati-hati melakukan tes pemolesan pada bagian jaket yang tak terlihat. Intinya, gunakan produk yang mengandung lemak binatang, karena bisa membuat warna jaket lebih gelap.

Protecting

Bagian ini merupakan bagian paling penting dari keseluruhan perawatan jaket kulit. Saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan cairan proteksi kulit yang bisa tetap melembutkan walau jaket kulit terkena hujan maupun panas. Kulit yang dibiarkan tanpa proteksi bisa mengeras dan pecah dalam waktu singkat. Aplikasikan cairan proteksi pada jaket yang kering dan bersih, pastikan cairan tersebut mengering saat kamu menggunakan jaket.

Storage Tips

  • Selalu tempatkan jaket kulitmu di tempat yang kering dan sejuk.
  • Jangan pernah tempatkan jaket kulit dalam kantong plastik atau wadah yang tak berpori.
  • Hindari hanger besi saat menggantung jaket kulit.