Beberapa Jenis Potongan Daging Steak

01-06-2015 11:06:02 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Untuk beef steak lovers, selain harus tahu tingkat kematangan steak juga harus tau perbedaan jenis-jenis potongan daging steak biar kamu bisa benar-benar menikmatinya sesuai selera.

Tenderloin

Berasal dari bagian tengah pinggang sapi, tekstur empuk dengan sedikit lemak. Otot-otot di daerah ini gak banyak melakukan pekerjaan jadi dagingya sangat lembut. Karena lebih lembut, daging sapi tenderloin biasanya yang paling dicari dan harganya cenderung lebih mahal daripada sirloin. Potongan tenderloin paling nikmat jkalau dipanggang dalam keadaan medium atau rare biar makin juicy. Saus Bordelaise dan mustard paling cocok disajikan bersama potongan tenderloin.

Top Sirloin

Potongan bagian atas sirloin yang terletak di bagian belakang sapi (tepat berada di bawah bagian tenderloin). Kalau bagian sirloin yang biasa lebih banyak lemak dan kurang nikmat, bagian top sirloin ini punya lemak yang sedikit dan tentunya lebih lembut. Untuk memasaknya, panggang atau bakar dan sajikan dengan saus marsala jamur atau saus borboun.

T-Bone

Berasal dari potongan bagian ujung depan dari pinggang sapi dengan tulang di tengah berbentuk T. Potongan ini terkenal dengan rasanya yang lezat (dengan potongan daging yang tebal dan lemak yang). T-bone cocok dimasak dengan cara dibakar dan disajikan dengan saus-saus klasik, seperti balsamic, jamur dan madu.

Rib-Eye

Potongan daging yang berasal dari bagian rusuk sapi. Bagian dagingnya menempel di tulang rusuk dan lemak-nya yang juicy pas dimasak. Untuk memasak rib-eye, masak dalam keadaan rusuk utuh di panggangan, setelah matang, rusuk bisa dipotong-potong menjadi potongan rib-eye. Hasilnya, daging dengan warna merah segar yang juicy ditengah-tengahnya. Potongan rib-eye paling cocok disajikan dengan saus jamur klasik. [caption id="attachment_9095" align="alignnone" width="981"] Via Pepper.ph and Etsy[/caption]

Chuck

Potongan yang berasal dari bagian pundak sebelah kanan dekat leher sapi. Potongan ini termasuk potongan daging steak yang paling murah dan agak keras. Kalau mengolah potongan chuck, jangan terlalu lama memasaknya dan gunakan alat pemukul daging. Untuk saus, potongan chuck paling nikmat kalau disajikan dengan saus yang diberi sedikit red wine.

Prime Rib

Potongan yang berasal dari bagian tengah-tengah rusuk sapi ini mempunya lapisan lemak yang tebal di bagian luarnya. Saat dipanggang, lemak-nya akan melembut dan lumer (juicy). Prime rib cocok disajikan dengan saus steak apapun.