Beberapa Tingkat Kematangan Steak

31-05-2015 05:05:01 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Bicara steak gak bisa lepas dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda tergantung selera kamu. Tingkat kematangan steak sangat mempengaruhi tekstur dan cita rasanya. Berikut ini adalah beberapa tingkat kematangan steak yang dikenal di seluruh dunia.

Blue Rare

Steak pada tingkat ini terbilang masih mentah karena dimasak tidak sampai satu menit. Blue rare jarang kita jumpai di Indonesia, gak seperti di Amerika dan Eropa.

Rare

Steak biasanya masih berwarna merah, dari bagian terluar steak sampai bagian dalam. Kandungan airnya masih terjaga dan membuat daging begitu juicy pas digigit.

Medium

Tingkat kematangan ini bisa dibagi tiga. Medium Rare, bagian luar daging setengah matang dan dalamnya masih berwarna merah dan teksturnya sedikit juicy. Medium, daging bagian luar sudah matang tapi bagian dalam masih merah. Medium Well, daging steak yang sedikit lagi mencapai tingkat kematangan sempurna dengan bagian dalam terlihat sedikit berwarna merah muda. Umumnya, suhu daging ketika selesai dimasak berkisar antara 70 - 75 derajat Celcius.

Well Done

Steak sudah matang sempurna, berwarna coklat brown sepenuhnya. Ini adalah tingkat kematangan favorit buat orang Indonesia. Warnanya coklat merata di seluruh bagian daging. Tekstur daging akan lebih keras karena kandungan air dalam daging lebih banyak menguap jadi daging sama sekali gak terasa juicy.

Tartare

Seperti sashimi, steak tartare berarti daging sapi yang disajikan dalam kondisi mentah. Biasanya daging digiling atau dihaluskan dahulu biar gampang disantap. Daging diberi bumbu dan rempah untuk menghilangkan bau amisnya. Tartare sangat populer di Eropa, Jepang dan Korea. Umumnya, steak tartare disajikan sebagai pendamping hidangan lain.
Food is a huge passion of mine, and because I want to eat whatever I want, I run every morning, and then I do weights a few times a week. It's just how I can balance eating pancakes in the morning, a big burger for lunch, and then a fat steak and cheesecake at night. - Matt Barr
Read: Where to Find Great Steaks in Jakarta