Basic Table Manners: Keep These Behaviors in Mind As You Eat

10-05-2015 05:05:57 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Table Manner (Tata Cara Makan) adalah etika/aturan yang digunakan saat makan. Tiap negara punya aturan berbeda untuk cara makan berdasarkan kebudayaan masing-masing. Saat kita diundang menghadiri jamuan makan malam formal, sebagai tamu tentu harus mematuhi aturan dasar di meja makan. Kalau tidak mengikuti aturan tata cara makan bisa dianggap tidak sopan dan yang mematuhi akan mendapat apresiasi dan image yang baik. Dalam Table Manner makanan memang penting tapi itu bukan yang terpenting, unsur sosialisasi dan komunikasi lah yang lebih diutamakan. It is difficult to learn every point of etiquette at a glance, but here are a few general pointers. https://www.youtube.com/watch?v=kYov9H3PKzM

Posisi Duduk di Meja Makan

Siku lengan di samping badan, kepala tidak terlalu menunduk, dan posisi badan tegak. Jangan pernah meletakkan siku di meja makan! Kalau datang bersama pasangan, posisi duduk tidak boleh berdekatan dan harus berseberangan dengan posisi agak menyilang. Posisi ini membuat kita bisa bersosialisasi dengan tamu yang lain. Note: Sebelum menyantap hidangan utama biasanya kita harus mencicipi menu pembuka atau Appetizer. Dining Mistakes You're Making That You Never Knew About.

Hidangan Utama (Main Course)

Buka dan letakkan serbet di pangkuan. Saat menikmati steak, pegang pisau dan garpu dengan telunjuk tangan berada di atas. Dengan cara ini, tekanan pisau dan garpu ke daging akan lebih kuat. Cara ala Amerika biasanya daging dipotong lebih dahulu baru disantap menggunakan sendok/garpu dengan tangan kanan. Cara Eropa langsung dipotong dengan pisau di tangan kanan lalu memakan dengan garpu di tangan kiri. Kunyah makanan dengan mulut tertutup dan selalu gunakan serbet (napkin) untuk membersihkan sudut bibir yang meninggalkan sisa makanan. Ketika selesai makan, rapikan sendok dan garpu dalam posisi vertikal (sejajar). https://www.youtube.com/watch?v=fypq2qhRZnI

Hidangan Penutup (Desset)

Setelah menyantap hidangan utama, saatnya menikmati hidangan penutup. Dessert umumnya berupa makanan atau minuman dingin, seperti cocktail, ice cream atau juice. Kalau hidangan penutup berupa minuman yang ada hiasan diatasnya, makan hiasannya atau sisihkan dahulu baru diminum.

Tata Cara Untuk Minum

Cangkir/mug digunakan untuk minum kopi, teh atau minuman panas lainnya, biasanya digunakan di acara tidak resmi. Tatakan biasanya disertakan untuk meletakkan sendok kecil, sendok diletakkan dengan posisi menghadap ke bawah atau di sisi piring makan. Jangan lupa keluarkan sendok dari mug/cangkir setelah digunakan untuk mengaduk. Saat memegang cangkir, jari tengah dan telunjuk dipertemukan dengan jempol (dijepit). Cangkir dan alasnya juga harus diangkat bersamaan. Saat minum, kepala kita juga ikut bergerak sedikit ke belakang mengikuti arah gelas. Note: Jangan meniup minuman yang panas untuk mendinginkannya, kita bisa mengaduk minuman perlahan atau tunggu sampai panasnya berkurang. Di jamuan formal atau non-formal biasanya kita juga akan menikmati minuman lainnya seperti wine atau champagne. Untuk red wine, bisa dengan memegang kaki dan badan gelas bagian bawah. Dan untuk white wine dan campagne kita cukup pegang kaki gelasnya saja untuk menjaga temperatur karna minuman ini disajikan dingin. Basic tips ini bisa juga kita gunakan saat makan di restoran atau jamuan lainnya dan akan membantu meningkatkan image kita saat bersama dengan klien/relasi atau keluarga. Remember, good manners never go out of style!