Reasons You Should Meditate Every Day

21-03-2015 04:03:20 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Meditasi dipercayai oleh sebagian orang sebagai salah satu cara untuk mengatasi stres. Mereka percaya bahwa seseorang yang melakukan meditasi hidup mereka akan lebih baik. Melakukan meditasi secara rutin juga dipercaya bisa melepaskan rasa stres dari pekerjaan dan permasalahan hidup lainnya. Secara garis beras, meditasi memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran kita.

Decrease unnecessary stress.

Stres adalah sesuatu yang sebenarnya bisa kamu hindari meskipun kadang harus dihadapi. Terlalu stres bisa menyebabkan tubuh sakit dan salah satu cara untuk mengurangi stres tersebut adalah dengan melakukan meditasi secara rutin. Cara meditasi ini sangatlah mudah. Kamu cukup meluangkan beberapa menit waktu kalian untuk menghela nafas dalam-dalam dan mengeluarkan secara berkala. Saat kamu menghela dan menghembuskan nafas usahakan pikiran fokus pada apa yang kamu lakukan saat itu. Stres akan berkurang secara berkala jika melakukan meditasi secara rutin setiap hari.

Become more mindful and aware.

Alasan pertama mengapa kita harus melakukan meditasi setiap hari adalah untuk menghilangkan pikiran yang tidak penting dalam otak. Dengan melakukan meditasi secara rutin, kamu akan lebih peka dan berhati-hati dalam bertindak. Kamu akan mampu mengendalikan pikiran, mana yang harus dipikirkan dan mana yang harus diacuhkan.

Gain more control over your emotions.

Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan emosi yang mereka alami pada saat-saat tertentu. Misalnya, ketika merasa senang kamu bisa mengekspresikan perasaan senang secara bebas. Begitu juga dengan rasa sedih dan marah. Orang kadang lepas kendali dalam mengkontrol emosi mereka dan hanya pasrah untuk menerima perasaan yang mereka rasakan saat itu.
"You should sit in meditation for twenty minutes a day, unless you are too busy. Then you should sit for an hour." - Zen Proverb
Jangan biarkan kamu dikuasai oleh emosi. Cobalah untuk menghadapi emosi secara baik dengan mengamati apa yang terjadi dan memikirkan tindakan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Dengan melakukan meditasi, kamu akan bisa mengamati apa yang kamu lakukan dan semakin sering bermeditasi semakin sering juga kamu bisa mengkontrol emosi.

Make better life decisions.

Saat melakukan meditasi setiap hari, kamu akan memiliki waktu rutin untuk memikirkan apa yang telah kamu lakukan, pikirkan dan emosi apa yang telah kamu ekspresikan. Waktu meditasi yang rutin tersebut akan memudahkan kamu untuk mengambil keputusan yang lebih bijak. Kamu akan lebih mengerti apa yang kamu inginkan, berpikir sebelum bertindak dan mengambil keputusan sesuai keadaan. https://www.youtube.com/watch?v=YoFgQ9bCovc Related: 4 Recommended Yoga Studios in Jakarta