Java SoundsFair 2014 Jadi Panggung Terakhir The Brandals

29-10-2014 08:10:13 By Egon Saputra
img

Aksi lincah dan enerjik Eka Annash yang selama ini mengiringi penampilan The Brandals, sementara waktu tidak bisa disaksikan lagi. Secara resmi, The Brandals mengumumkan diri mereka untuk vakum sejenak dari industri musik. Menurut Eka, sekarang para personel band yang sudah terbentuk selama 12 tahun itu punya proyek dan pekerjaan sampingan masing-masing.

Java SoundsFair 2014 jadi panggung sekaligus malam terakhir The Brandals dihadapan para penggemarnya. Bahkan beberapa penonton yang tidak tergolong fans The Brandals ikut penasaran melihat aksi terakhir mereka. Mengenakan pakaian serba hitam, Eka dan kawan-kawan memoles wajah mereka dengan make-up putih bernuansa tengkorak. Eka sang vokalis mengenakan topi koboi hitam, lengkap dengan jubah hitam di belakang kostumnya bak drakula.

Brandals

Alunan lagu "Start Bleeding" dari album terakhir mereka "De Generate" disambut tepukan meriah penonton yang berada di arena Assembly 3 A Create Zone, Jakarta Convention Center. Tanpa basa-basi, ia melanjutkan dengan lagu "Janji 1000 hari" dan "Dryland". Penonton pun ikut bergoyang.

Di atas panggung, Eka menceritakan perjalanan awal The Brandals di industri musik Tanah Air, sejak 12 tahun silam. Mereka tidak pernah menyangka dengan pencapaian yang telah diraih. Lalu The Brandals sempat menyinggung isu politik singkat di sela-sela konser. Kemudian mereka sedikit kilas balik dimana saat album pertama mereka hanya terjual sekitar 200 keping.

"12 tahun lalu kita main di sebuah bar di Menteng, hanya ditonton 15 orang. Sekarang sudah segini. Dan album pertama kita dulu cuma laku 200 keping, tapi yang beli itu semuanya bikin band. Jadi kalau kita berhenti, eluyang bakal nerusin kita," ungkap Eka, disambut teriakan penonton. Selama The Brandals vakum, mereka akan fokus mempersiapkan materi baru. Rapper Iwa K menjadi kejutan dan berkolaborasi bersama The Brandals di lagu Abrasi.

BRNDLS

"Sampai ketemu lagi di masa depan. Ini serius. Kita akan break dulu. Kalau kita ketemu lagi, kita akan lebih kenceng dari ini," kata sang vokalis, Eka Annash. Lagu "Perak" dipilih menjadi penutup penampilan The Brandals. Di sela lagu, Eka menjatuhkan alat efek suaranya. Radith lalu menarik Eka dan memeluknya. Keduanya menghampiri Tony, PM, dan Rully. Mereka saling berpelukan hingga semuanya terjatuh. The Brandals lalu berpamitan dan meninggalkan panggung.

Penonton memberikan tepuk tangan paling meriah dan menyimpan rindu mereka untuk melihat pertunjukkan The Brandals sampai suatu saat mereka bermain lagi.

Photo by Maulana Akbar