Wayang Orang Rock Ekalaya Hadirkan Para Rocker Indonesia

03-03-2014 11:03:13 By Egon Saputra
img

Indonesia memiliki ragam warisan budaya dari para nenek moyang Kita. Salah satu warisan yang sangat mendunia adalah wayang. Macam-macam jenis wayang seperti wayang kulit dan wayang orang tidak jarang tampil membawa nilai-nilai dan filosofi yang terkandung di dalamnya ke mata internasional.

Wayang mulai dipadukan dengan berbagai unsur  kekinian dan musik yang lebih universal sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Keselarasan dalam meningkatkan kecintaan dan apresiasi masyarakat terhadap karya seni budaya Indonesia khusunya seni pertunjukan wayang, diwujudkan dengan sebuah pementasan ‘Wayang Orang Ekalaya’. Titimangsa Foundation dan Djarum apresiasi Budaya menggelar pentas wayang orang yang memasukan elemen musik rock yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 15 Maret 2014 di Tennis Indoor Senayan.

Secara harfiah, Ekalaya dalam bahasa Sansekerta berarti ia yang memusatkan pikirannya pada satu ilmu atau pelajaran. Ekalaya yang tak letih berlatih di hadapan sebuah patung merupakan simbolis dari kegigihan dalam mencari ilmu tiada henti.

“Wayang bisa hidup karena terus diterjemahkan secara multitafsir. Wayang Orang Rock Ekalaya merupakan wujud kalau kita mampu membuat sesuatu yang berbeda” Ucap Happy Salma, Produser Wayang Orang Rock Ekalaya. Happy Salma tidak bekerja sendiri, ia ditemani oleh Arie Dagienkz sebagai sutradara sekaligus pencetus lahirnya Wayang Orang Rock Ekalaya.

Dalam Wayang Orang Rock Ekalaya, ada beberapa properti dalam cerita wayang yang dikolaborasikan dengan unsur musik, seperti panah diganti dengan gitar. Ekalaya yang akan dilakoni oleh Stevie Item ‘Andra and The Backbone’ dan Arjuna oleh Otong ‘KOIL’ akan bertarung yang dalam pementasan ini diibaratkan dengan jamming gitar. Selain dua tokoh tersebut dalam pementasan ‘Wayang Orang Rock Ekalaya’ itu tak lupa tergabung pula dalam jajaran pemain lainnya. Sophia Latjuba, /rif, Netral, KOIL, Seringai, The Brandals, Jopie Item, Candil, Iwa K, Hilbram Dunar, Roxx, Leonardo and His Impeccable Six, WOR Head Band dan Adrian Adioetomo.

Pementasan yang berdurasi 120 menit ini, menyediakan empat pembagian kelas penonton. Kategori 1 - Rp 875.000 (VVIP), Kategori 2 – Rp 775.000 (VIP), Kategori 3 – Rp 575.000 (Kelas 1) dan Kategori 4 – Rp 275.000 (Kelas 2).