Jamie Cullum : Musisi Jazz Kelas Dunia yang Serba Bisa

20-02-2014 03:02:05 By Muhammad Ishlah Alfath
img

“It’s not just me who feels it Music is a mind trick Watch me forget about missing you”

Sepenggalan lirik di atas mungkin mengingatkan kita pada penyanyi asal Inggris, Jamie Cullum. Single berjudul “Mind Trick” tersebut merupakan salah satu single andalannya pada tahun 2005. Selain itu terdapat single “High and Dry” serta  “Don’t Stop the Music” yang turut pula mengantarkan penyanyi dan pianist serba bisa ini ke gerbang popularitas.

DImulai dengan album pertamanya, yaitu “Heard It All Before” (1999), Jamie berhasil merebut perhatian para penikmat pop-jazz dunia, terbukti dengan terjualnya 500 copy album tersebut. Tak hanya sampai di situ, debutnya sebagai penyanyi dan pianist beraliran jazz berlanjut melalui kesuksesan album keduanya, yaitu “Pointless Nostalgic” (2002). Album ini pula yang membuka kesempatan Jamie untuk menangani tiga album berikutnya di bawah naungan label Universal. Dari kemunculannya di tahun 1999 hingga saat ini, Jamie telah mengeluarkan 6 album dan 2 album kompilasi, yaitu Heard It All Before, Pointless Nostalgic, Twentysomething, Catching Tales, The Pursuit, Momentum, In the Mind of Jamie Cullum, dan Jamie Cullum: Influences. Selain itu ia juga mengeluarkan 15 single yang kesemuanya berujung dengan kesuksesan besar.

Perjalanan karier seorang Jamie Cullum pun terus menanjak, terbukti dengan beberapa penghargaan yang sempat ia raih. Pada tahun 2003, Jamie berhasil membawa pulang piala dalam British Jazz Awards kategori “Rising Star”. Kemudian pada BRIT Awards 2005, iya berhasil menjadi salah satu nominasi “Best Male Artist” dan “Best Live Act”. Ia juga sempat menjadi salah satu nominasi Grammy pada tahun 2005 dan sekaligus mendapatkan penghargaan “Artist of the Year” pada BBC Jazz Awards. Tak sampai di situ, ia pun berhasil menjadi nominasi Golden Globe Awrad for Best Original Song untuk film Gran Torino, serta berhasil mendapatkan penghargaan-penghargaan lain yang cukup bergengsi.

Sebagai musisi jazz yang cukup diperhitungkan, Jamie tak pernah absen dalam berbagai festival musik dunia, salah satunya tentu saja International Java Jazz Festival (JJF). Kehadirannya pertama kali dalam JJF adalah pada tahun 2007, untuk memenuhi kerinduan penggemarnya, kini ia hadir kembali dengan penampilan yang segar dan memukau dalam International Java Jazz Festival 2014. Jamie Cullum sengaja diundang untuk memeriahkan perlehatan akbar International Java Jazz Festival ke-10 bersama dengan Natalie Cole dan musisi-musisi jazz lainnya. JJF 2014 sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari - 2 Maret 2014 bertempat di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Text by Dinda Miranda