Singing Toilet: Senandung untuk Sinabung

05-02-2014 12:02:12 By Egon Saputra
img

Bencana alam yang menerpa Indonesia, seakan tidak ada habisnya. Masih teringat jelas beberapa waktu lalu, Gunung Sinabung yang terletak di Sumatera Utara, terus meletus. Hal ini mengundang empati masyarakat yang tergerak untuk memberikan pertolongan kepada korban erupsi Gunung Sinabung.

Salah satunya datang dari para seniman Tanah Air. Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) bersama Payung Teduh, Float, Glenn Fredly, White Shoes and te Couples Company, Banda Neira, Endah n Rhesa, Bonita and the Hus Band, Dik dan Kandank Jurank Doank, Sigmun dan Altjaru menggelar konser amal pertama di Jakarta yang diadakan pada Minggu, 2 Februari 2014 kemarin di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Gagasan munculnya ide untuk menggelar konser ini berasal dari vokalis Payung Teduh, Is. Persiapan pun terbilang sangat mepet, hanya sekitar dua minggu.

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2014/02/singing-toilet-sinabung.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2014/02/singing-toilet-payung-teduh.jpg"][/slider]

Mendengar kondisi  barak pengungsian yang cukup miris, Is tergugah untuk menamai konser amal ini dengan ‘Singing Toilet: Sanitasi untuk Sinabung’ . Bayangkan saja kondisi MCK yang hanya terbuat dari terpal dan kayu yang digunakan oleh 29.000 jiwa menggunakan lima toilet saja. Kurangnya kebersihan akan MCK, tanpa disadari bisa menjadi wabah penyakit bagi pengungsi. Hingga akhir konser dana yang terkumpul mencapai 70 juta rupiah. “Apa yang dilakukan sekarang, mudah-mudahan cukup untuk membangun satu, dua atau tiga toilet” Ujar salah satu perwakilan DKJ.

Para penonton yang hadir dikenakan donasi tanda masuk sebesar Rp 100.000 dan bersyukur semua bisa sold out. Apresiasi tinggi ditujukan untuk para seniman yang rela tidak mendapatkan fee, demi kepedulian terhadap saudara-saudara di Dataran Tinggi Karo. Selain memberi sumbangsih hiburan, seniman-seniman tersebut juga melelang barang-barang kenangan mereka. Hasil tersebut sebagian disumbangkan ke para korban bencana Sinabung.