Tips How To Enjoy a Musical Show

11-01-2014 09:01:43 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Sudah 5 tahun terakhir, Jakarta memiliki alternatif sajian hiburan yang baru dan segar. Gabungan antara musik, tari dan lakon dikemas secara sinergi dan dikenal sebagai teater musikal. Mungkin sajian hiburan ini belum dikenal secara luas dan menyeluruh oleh penduduk Indonesia. Tapi teater musikal telah mendapatkan tempat tersendiri di hati para pencinta seni. Kalau kamu sudah memiliki rencana untuk menonton (bahkan sudah membeli tiketnya dari jauh-jauh hari), maka tips ini bisa berguna untuk kamu yang ingin menikmati teater musikal.

  1. Datang sebelum waktu open gate. Jangan sampai kamu ketinggalan bagian awal cerita karena datang terlambat.
  2. Siapkan kamera kalau tidak mau kehilangan momen spektakuler (walaupun biasanya tidak diperkenankan membawa kamera dan mengambil gambar). Asalkan, tidak menggunakan blitz dan tidak terlalu sering mengambil gambar, karena kamu akan kehilangan momen yang disuguhkan secara live. Siapa tahu kamu juga ingin mengabadikan diri bersama para pelakon atau kreator belakang layar setelah pertunjukkan selesai.
  3. Cari tahu dulu sinopsis atau tema ceritanya, agar lebih mudah mengikuti jalan ceritanya dan tidak banyak bertanya-tanya. Apalagi kalau teater musikalnya mengetengahkan cerita yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.
  4. Makan dan minum secukupnya sebelum menonton. Di beberapa pertunjukkan, tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Jadi jangan sampai kamu kelaparan atau kehausan saat menonton.
  5. Selesaikan urusan urinasi sebelum menonton. Hasrat ingin ke toilet di tengah-tengah pertunjukkan bisa membuat kamu mengorbankan jalan cerita. Sayang kan?! Teater musikal tidak seperti film bioskop yang DVD-nya bisa dijual bebas dan bisa kamu tonton berulang-ulang.
  6. Yang membedakan antara teater musikal dengan konser musik, bioskop, dan pertunjukkan kesenian lainnya adalah perpaduan antara berbagai karya seni yang disuguhkan secara bersamaan. Jadi nikmati saja setiap momennya! Karena sensasinya tidak bisa diulang kembali (kecuali jika kamu bersedia untuk membeli tiket untuk menonton lebih dari sekali).
Semoga tips ini bisa berguna buat kamu yang ingin mencari hiburan melalui pagelaran teater musikal. Selamat menikmati teater musikal! :) Written by Thya Said