Challenge: Draw the Line of Your Dreams

03-01-2014 02:01:59 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Make your own resolution, not just an ordinary resolution, tapi juga mencakup goal-goal yang memang membuat kamu berkembang, namun tetap reliable. Setelah membaca artikel sebelumnya, berikut adalah pos-pos penting yang dapat menjadi acuan untuk resolusi dan goal di tahun yang baru ini. Check them out!

Carrier & Financial

Karier & finansial adalah dua hal yang erat berkaitan. Perencanaan karier yang matang akan berpengaruh terhadap kehidupan finansial di masa yang akan datang. Awal tahun adalah saat yang tepat untuk kembali membuat target pencapain karier selama setahun ke depan. Tetapkanlah goal yang dapat menjadi trigger, namun tetap reliable untuk dicapai. Sebagai contoh, targetkan kenaikan jabatan, kenaikan gaji, build your own company atau hal-hal kecil dan spesifik seperti membatasi penggunaan kartu kredit dan saving 20% dari jumlah pendapatan sebulan pun dapat menjadi target.

Mens sana in corpore sano

Kesehatan kerap kali disepelekan. Mindset sebagian orang kesehatan adalah nomor sekian. Nyatanya, kesehatan akan sangat berpengaruh pada stabilitas kerjamu (yang berarti akan berpengaruh juga pada urusan financial). Jadwalkan beberapa latihan seperti cardio setiap minggu, bersepeda minimal sebulan sekali atau mulai ambil kelas gym. Buatlah target di pertengahan tahun nanti target angka berat badan ideal yang harus dicapai.

Selain hal-hal tersebut kita juga bisa memulai hidup sehat dengan mengurangi konsumsi junkfood, rokok dan alkohol. Bila selama ini sebungkus rokok dihabiskan dalam sehari, kurangi menjadi sebungkus untuk dua hari. Kenakan denda sebagai redemption, apabila melanggar. Sebagai contoh, extra sebungkus rokok artinya harus denda saving sebanyak 10 kali lipat harga sebungkus rokok. Another good way for your health and wealth, tho?

Enhance your education

Jangan malu untuk menargetkan go abroad dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Scholarship sangat banyak tersedia. Namun harus diingat, pendidikan tidak hanya didapatkan melalui instansi formal. Your world’s your academy. Untuk beberapa passion seperti entrepreneurship, journalistic, photography dan yang lainnya tidak dapat dikembangkan hanya melalui selembar ijzaha. Mulai cari info berbagai seminar, ambil ilmunya, bangun relasi dengan banyak orang, dan praktikkan! 2014 adalah saatnya make your passion your profession!

Work smart, play smart

Let’s say tahun 2014 akan menjadi tahun yang sibuk. Kira-kira apa yang akan dilakukan untuk refreshing dari kesibukkan di kampus atau kantor? Hangout di mall, nongkrong di bar atau disko sampai pagi setiap akhir pekan?

Daripada menghabiskan waktu tiap pekan dengan hangout tanpa tujuan, kamu bisa menyiasati cara recharge your energy dengan mencari tahu lebih dulu apa kegiatan favoritmu? Travelling? Nonton konser? Atau clubbing? Cari info mengenai destinasi atau event tertentu, sesuaikan dengan jadwal dan budgetmu. Go check your favorite urban-site, JakartaVenue mengulas banyak mulai dari destinasi travelling, rekomendasi tempat hangout, event sampai jadwal konser terbaru.

Dibanding refreshing dengan pergi ke disko tiap pekan, tentu lebih memuaskan dengan menahan diri berminggu-minggu untuk nonton Armin van Buuren kan? Trust me, you’ll get your ecstasy ;)

Text by Sarah Sofiana Nabila Kuartanegara