Bermain Sambil Mengenal Budaya di Galeri Indonesia Kaya

10-12-2013 11:12:00 By Egon Saputra
img

Kemajuan teknologi komunikasi menggiring gaya hidup kaum urban ke peradaban baru yang kita sebut modernisasi. Tidak heran jika generasi muda lebih mengenal lagu-lagu yang tertera di Billboard daripada lagu daerah, atau lebih bangga mengenakan pakaian hasil olahan pabrik modern dibandingkan batik tradisional.

Kekhawatiran akan memudarnya pengetahuan generasi muda terhadap budaya tersebut lah yang memotivasi Indonesia Kaya bersama Bakti Budaya Djarum Foundation untuk mendirikan Galeri Indonesia Kaya (GIK) yang terletak di Grand Indonesia Shopping Town, West Mall, lantai 8.

GIK sengaja didirikan dalam mall untuk menarik perhatian dan memperkenalkan kembali budaya Indonesia terhadap kaum urban dengan cara yang lebih kekinian dengan memanfaatkan unsur-unsur teknologi canggih.

Saat masuk ke GIK kamu akan disambut oleh tiga layar setinggi badan manusia dewasa yang memperlihatkan pasangan pria dan perempuan di setiap layarnya. Masing-masing mengucapkan salam selamat datang dengan menggunakan pakaian adat dari 10 daerah yang menjadi representasi Indonesia secara keseluruhan.

Galeri-IndonesiaKaya-JakartaVenue

Setelahnya, ada pertunjukan wayang Bharatayudha singkat yang disajikan dalam format digital. Masuk lebih dalam kamu akan menemukan berbagai permainan dengan interaktifitas tinggi dan berisi informasi budaya, diantaranya:

Selaras Pakaian Adat Permainan ini mengajak kamu untuk menggunakan pakaian adat secara digital dengan menggunakan sensor pemilih. Setelah memilih pakaian yang pas, kamu akan difoto secara otomatis dan hasilnya bisa langsung di-share di berbagai akun sosial personal kamu.

Melodi Alunan Daerah Kamu diajak untuk mengaransemen musik dengan menggunakan alat musik tradisional. Selain itu kamu juga bisa memainkan lagu tradisional dengan sistem menyerupai guitar hero. Skornya bisa kamu share di twitter atau facebook.

kaca-pintar-GIK-JakartaVenue

Kaca Pintar Indonesia Merupakan touch screen interaktif yang memungkinkan kamu mencari dan mendapat informasi yang kamu ingin ketahui tentang berbagai produk budaya dalam negeri seperti rumah adat, kuliner tradisional, tempat wisata, hingga berbagai kekayaan alam Indonesia.

Main Congklak Kamu bisa bermain congklak dengan cara modern seperti menggunakan tablet berukuran besar.

Arungi Indonesia Kamu bisa keliling Indonesia menggunakan balon udara digital dengan sensor sensitif. Jika kamu mencondongkan badan ke kanan dan kiri, maka arah balon udara akan membawa kamu ke arah kanan dan kiri pula.

Setelah puas bermain, kamu dapat melihat galeri batik Kudus yang menampilkan berbagai produk batik buatan Kudus serta display batik-batik lainnya dari berbagai daerah. Selain itu juga disediakan sebuah ruangan serba guna yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja dengan tujuan pelestarian budaya tanpa dipungut biaya.

Galeri yang buka setiap hari sesuai jam operasional GI ini bisa kamu kunjungi secara gratis. “Cinta Budaya Cinta Indonesia!”

Text by Fatimah Kartini Bohang