Depapepe: Menghipnotis Audiens dengan Petikan Gitar Akustik

02-12-2013 01:12:54 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Tampaknya crowd dan antusiasme penggemar Indonesia benar-benar mengena di hati duo gitaris asal Jepang, Depapepe. Minggu (1/12) lalu, Depapepe kembali tampil di festival jazz tahunan Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 36th Jazz Goes To Campus.

Ini bukanlah kali pertama Depapepe menghibur penggemarnya di Indonesia. Setelah penampilan perdana mereka di Java Soulnation 2011, mereka kembali tampil mengesankan di pagelaran jazz akbar, Java Jazz Festival 2012.

Petikan ritme gitar akustik milik Miura 'Depa' Takuya dan Tokuoka 'Pepe' Yoshinari di stage BCA, pelataran Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat pada Minggu (1/12) malam, sukses membuat audiens terlena.  Komposisi-komposisi apik yang mereka bawakan nampaknya benar-benar membuat audiens enggan beranjak. Rintik hujan dan kendala sound yang sempat membuat Depapepe tampil terlambat, tidak lantas membuat para audiens meninggalkan mainstage BCA.

Permainan enerjik Depapepe diawali dengan  kembang api yang membuka opening song sentak membuat audiens bersorak setelah menunggu hampir 60 menit. Track yang mereka mainkan antara lain Spur – Winter Version’05, Start dan Sorrow Violet. Selama performa berlangsung, sesekali Miura menyapa audiens yang bergoyang menikmati petikan akustik kolaborasi Miura dan Toku.

Seperti yang disampaikan pada jumpa pers sesaat sebelum tampil, materi yang Depapepe kali ini bawakan disesuaikan dengan para audiens yang didominasi dari kalangan mahasiswa. Miura menambahkan bahwa ia ingin musik yang Depapepe bawakan dapat dinikmati oleh semua kalangan, tidak melulu dari pecinta jazz.

Bagi para penikmat jazz indie, nama Depapepe tentu tak asing lagi. Band yang dibentuk pada tahun 2002 ini produktif dalam menghasilkan album. Sampai saat ini terhitung 13 album yang telah dirilis. Sebelum bergabung dengan label Sony Music, Depapepe sempat menelurkan tiga album indie. Debut majornya diluncurkan pada tahun 2005 lewat album Let’s Go!!! yang sukses menempati urutan sepuluh teratas Oricon’s Instrumental Artist Debut Chart.

Coverage by Sarah Sofiana Nabila Kuartanegara