Jazz Goes To Campus 2013 : Jazz It Your Way

02-12-2013 12:12:33 By Egon Saputra
img

Sudah 36 kali Jazz Goes To Campus (JGTC) diadakan, hampir 36 kali pelaksanaannya selalu diguyur hujan, dan 36 kali pula JGTC selalu mendulang sukses hingga pantas disebut sebagai salah satu festival jazz yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun.

Minggu, 1 Desember 2013 yang lalu JGTC kembali digelar di kampus UI Depok. Kali ini sekitar 18 ribu penonton disuguhi alunan musik jazz yang ear-catchy oleh para musisi terkemuka dari tanah air maupun mancanegara.

Diantaranya ada Raisa, SORE, Barry Likumahuwa Project (BLP) Tribute to Miles Davis, Tulus, Andien, Monita Tahalea and the Nightingales, Tompi, Kyoto Jazz Massive (Jepang), Depapepe (Jepang), dan musisi-musisi lainnya yang mampu memuaskan ekspektasi para penonton.

Walau sempat diguyur hujan, semangat penonton tidak goyah. Berbekal payung dan jas hujan, mereka tetap setia menyaksikan aksi panggung para musisi sambil bernyanyi dan sesekali bergoyang bersama. Dari empat panggung yang disediakan penyelenggara, tidak ada satu panggung pun yang sepi pengunjung. Stand-stand bazaar yang beragam turut menambah kemeriahan JGTC ke 36.

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/12/Idang-Rasjdi-4.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/12/Syaharani-20.jpg"][/slider]

Acara yang dimulai sejak pukul 14.00 tersebut tak henti-henti didatangi penonton yang semakin larut semakin bergairah. Semua musisi mampu menunjukkan kekhasan mereka masing-masing di atas panggung. Ada BLP dengan ajakannya untuk kembali menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, Kyoto Jazz Massive yang mengundang penonton untuk berjoget bersama, Raisa yang membuat penonton larut dalam melodi-melodi lembut, dan sebagainya.

Special Performance yang dipilih melalui voting kali ini jatuh pada Tompi. Untuk itu, penampilan Tompi disajikan di pengujung acara. Tidak tanggung-tanggung, seluruh penonton yang tadinya tersebar di 4 panggung serentak berkumpul di BCA Stage yang merupakan panggung untuk penampilan terakhir dari Tompi.

Video art dan petasan layaknya perayaan malam tahun baru menyambut aksi dari Tompi. Lagu-lagu andalannya seperti ‘Lulu & Siti’ dan ‘Selalu Denganmu’ mampu membius penonton. Terakhir, ia berduet dengan penyanyi muda dan cantik Andien. Akhirnya secara resmi perhelatan akbar JGTC ke 36 ditutup dengan harapan terus dilangsungkan secara meriah di tahun-tahun berikutnya. Coverage by Fatimah Kartini Bohang