Melestarikan Budaya Indonesia Melalui ‘Indonesia Menari’

25-11-2013 02:11:23 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Berbagai tarian modern yang berasal dari kebudayaan luar semakin mendapat atensi dari masyarakat, Akibatnya tari tradisional Indonesia mulai dilupakan, khususnya oleh kaum muda.

Bermula dari keprihatinan tersebut, Galeri Indonesia Kaya bersama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menyelenggarakan gerakan ‘Indonesia Menari’ untuk kedua kalinya pada Minggu, 24 November 2013.

Gerakan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat kembali mengenal dan melestarikan tari tradisional yang beraneka ragam. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini gerakan IM dilangsungkan indoor di West Mall Grand Indonesia (GI) yang berpusat di tiga titik, yaitu di Ground Floor, Fountain Atrium, dan di depan Galeri Indonesia Kaya lantai 8.

Untuk meramaikan acara, beberapa selebriti terkemuka didaulat sebagai ikon ‘Indonesia Menari 2013’, diantaranya Indra Bekti, Amink, Adella Fauzi dan B3 (Widi, Nola, Chintya). Dengan semangat menggebu-gebu, para ikon mengajak pengunjung mall menari bersama secara flashmob diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Minang (Tak Tong Tong), Jawa Barat (Manuk Dadali), Betawi (Kicir-Kicir), dan Maluku (Ayo Mama).

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/11/BERBAGAI-KOMUNITAS-DAN-PENGUNJUNG-TURUT-BERPARTISIPASI-DALAM-GERAKAN-INDONESIA-MENARI-2013.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/11/AMINK-BERSAMA-PARA-KOMUNITAS-MENARI-DI-LANTAI-DASAR-WEST-MALL-GRAND-INDONESIA.jpg" slide3="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/11/BE3-MEMIMPIN-GERAKAN-INDONESIA-MENARI-DI-FOUNTAIN-ATRIUM-GRAND-INDONESIA.jpg"][/slider]

Selain para ikon, ada pula sekitar 600 peserta yang berasal dari perorangan, sanggar tari, serta komunitas yang juga menari bersama dengan membawakan koreografi ciptaan Chiquita Limer. Koreografi tersebut adalah gabungan tarian asal Minang, Betawi, Maluku, dan Sunda dengan durasi 4 menit. Bagi peserta terbaik, Bakti Budaya Djarum Foundation memberikan hadiah dengan total puluhan juta rupiah yang dibagi dalam beberapa kategori.

“Gerakan ini (Indonesia Menari) mengajak kita semua mengenal dan menari tarian daerah dengan cara yang menangkan, meski kita bukan seorang penari,” ujar Indra Bekti.

Ayo buktikan kecintaan kamu kepada Indonesia dengan tetap menjunjung tinggi kebudayaan asli Indonesia! Coverage by Fatimah Kartini Bohang