Menemukan Siasat dalam Jakarta Biennale 2013

23-11-2013 02:11:08 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Setelah Sabtu (16/11) lalu sukses dengan Hiburan Malam Minggu #1 yang dihelat di Halaman Teater Jakarta, PKJ Taman Ismail Marzuki, rangkaian acara perhelatan seni kontemporer, Jakarta Biennale 2013 (JB 2013) masih terus berlanjut hingga 30 November 2013 mendatang.

Perhelatan dua tahunan berskala internasional, Jakarta Biennale memasuki kali ke 15 penyelenggaraannya. Setelah pada 2011 lalu mengambil tajuk ‘Jakarta Maximum City: Survive or Escape’ dan tema yang diusung kali ini adalah ‘Siasat’.

Menurut Hafiz Rancajale, selaku Direktur Artistik, melalui ‘Siasat’, JB 2013 ingin mengidentifikasi masyarakat dalam mensiasati ruang kota secara alami atau organik. Baik dalam keterbatasan, ketidakstabilan, masalah, ancaman, potensi maupun kesempatan yang dihadapi di ruang kota. Kata ‘Siasat’ sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Arab yang secara luas dimaknai sebagai taktik maupun akal untuk mencapai suatu tujuan.

featured_mural-bujangan_urban

JB 2013 diselenggarakan dengan melibatkan 52 seniman dari 18 negara dan akan diselenggarakan pada 9 hingga 30 November 2013 mendatang. Selain menampilkan karya seni lokal, berbagai karya asal mancanegara seperti Thailand, Korea, Palestina, Kenya, Prancis, Jerman dan Belanda turut ditampilkan dalam bentuk berupa mural, lukisan dan instalasi seni dan performance art.

Salah satu programnya, Hiburan Malam Minggu, disiasati sedemikian rupa dengan menggabungkan pertunjukan musik, bazaar karya seni, dan pameran seni rupa. Terdapat tiga area, yakni Panggung A (pertunjukan musik indoor) di ruang Teater Salihara, Panggung B (area lantai dansa) di atap gedung Salihara dan Panggung C (area bazaar seni) yang dirancang sedemikian rupa untuk membangun atmosfer tersendiri. Pihak penyelenggara menggandeng Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih dan kelompok perupa muda Cut & Rescue untuk mengatur tata artistik program malam ini.

Saksikan Hiburan Malam Minggu #2 pada 30 November 2013 mendatang di Komunitas Teater Salihara yang akan dimeriahkan oleh penampilan Kelelawar Malam, White Shoes & The Couples Company, Hightime Rebellion, Racun Kota dan Sentimental Moods.

Panggung A (Blackbox Teater Salihara)

KELELAWAR MALAM (Jakarta) WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY (Jakarta)

Panggung B (Teater Atap)

HIGHTIME REBELLION (Jakarta) SENTIMENTAL MOODS (Jakarta) RACUN KOTA (Jakarta)

Panggung C (DJ dan Bazaar Seni di koridor Serambi Salihara)

DJ set: DJ AK 47 & Friends

Text by Sarah Sofiana Nabila Kuartanegara