Java Jazz Festival 2014: Bringing the World to Indonesia

10-11-2013 04:11:52 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Bringing the World to Indonesia merupakan spirit yang selalu diusung Jakarta International Java Jazz Festival (JJF) dari awal kemunculannya hingga kini. Selama 10 tahun JJF telah berhasil menarik perhatian dunia terhadap Indonesia melalui musik jazz.

Keberhasilan tersebut tidak bisa lepas dari nama besar Peter F. Gontha, sosok penting di balik penyelenggaraan JJF selama satu dasawarsa. Bersama putrinya, Dewi Gontha, ia berhasil mengukir kesuksesan dengan meraih ± 112.000 pengunjung pada JJF tahun 2013.

“Tahun awal Java Jazz Festival diselenggarakan memang terdapat beberapa kesulitan, salah satunya adanya travel warning pasca bom bali 2005. Pada saat itu Presiden SBY tetap memberi dukungan dan berkata bahwa dengan musik kita bisa angkat Negara Indonesia kembali” Ungkap Peter Gontha dalam press conference di Hotel Sultan, Rabu kemarin. Dorongan tersebut yang kemudian menjadi motivasi baginya untuk terus melanjutkan perjuangan dalam mengangkat nama Indonesia melalui musik, khususnya jazz.

Dalam rangka merayakan 10 tahun Java Jazz Festival, Peter berjanji akan memberi kejutan-kejutan menarik dalam JJF 2014. Diantaranya adalah kehadiran musisi-musisi jazz dari Negara-negara Skandinavia, Brasil, dan Australia, serta rencana mengundang Presiden SBY untuk memeriahkan perayaan tersebut. Masih kurang? JJF 2014 memberi line up yang tak kalah menggiurkan. Terdapat nama Jamie Cullum, Allen Stone, Robert Glasper, Dave Koz, Tania Maria, India Arie, Norman Brown, Earth Wind and Fire Experience, Roy Ayers dan masih banyak lagi. Para guest star tersebut selaras dengan konsep yang akan dibawa, yaitu Brazilian music, smooth jazz, dan straight ahead jazz dalam nuansa etnik Jawa.

JJF 2014 sendiri rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari, 1 dan 2 Maret 2014 bertempat di JIExpo Kemayoran. For your information, tiket earlybird mulai dijual secara online pada 6 November 2013.

So, tunggu apa lagi? Go grab your ticket right now jazzy people!

Text by Dinda Miranda