10 Lagu yang Tidak Disarankan untuk Didengarkan Ketika Mengemudi

09-11-2013 03:11:40 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Tak dapat dipungkiri bahwa menikmati musik saat berkendara merupakan salah satu cara efektif dalam mengusir kebosanan di dalam mobil. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh situs confused.com pada awal tahun 2013 lalu telah menunjukkan bahwa terdapat lagu-lagu tertentu yang tidak disarankan untuk didengarkan ketika mengemudi.

Penelitian tersebut menggunakan delapan responden asal Inggris dimana masing-masing responden diajak untuk berkendara sejauh 500 mil. Pada 250 mil pertama, mereka dikondisikan untuk tidak memutar musik di dalam kendaraannya, sedangkan 250 mil berikutnya mereka diajak untuk melakukan hal sebaliknya. Hasilnya adalah kaum pria akan lebih agresif dalam mengemudi ketika mendengarkan musik metal, sedangkan musik hip-hop dapat mempengaruhi buruknya kontrol mengemudi bagi kaum wanita.

Kesimpulan lain dari confused.com adalah mereka juga merangkum sepuluh lagu yang tidak disarankan untuk didengarkan ketika berkendara, lagu-lagu tersebut adalah:

  1. The Black Eyed Peas – “Hey Mama”

  2. Fall Out Boy – “Dead on Arrival”

  3. M.I.A – “Paper Planes”

  4. Steriogram – “Walkie Talkie Man”

  5. Guns N Roses – “Paradise City”

  6. Nickelback – “How You Remind Me”

  7. Ray Charles – “Hit The Road, Jack’

  8. Johnny Cash – “Get Rhythm”

  9. Kanye West – “Heartless”

  10. Snoop Dogg & Wiz Khalifa feat. Bruno Mars – “Young, Wild, and Free”

Lebih lanjut, Dr. Simon Moore, seorang ahli psikologi dari London University menyarankan agar pengendara mendengarkan musik dengan irama sekitar 60-80 BPM agar emosi dapat terkontrol ketika berkendara. Dalam hal ini, lagu “Come Away With Me” milik Norah Jones serta “The Scientist” milik Coldplay dianggap memenuhi kriteria sebagai “lagu yang cocok didengarkan saat mengemudi”.

Mendengarkan musik saat perjalanan memang mampu membawa keceriaan tersendiri, namun alangkah baiknya apabila kita juga membiasakan diri agar tidak berlebihan ketika mendengarkan musik di dalam kendaraan. Always keep your safety first!

Text by Galih Gumelar