Kegunaan Brain Gym di Sela Kesibukan

19-10-2013 03:10:47 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Merasa jenuh, capek dan bosan saat bekerja atau gak punya waktu cukup relaksasi karena sibuk? Ada baiknya kamu mengisi dengan sebuah cara yang mudah, cepat namun bermanfaat. Senam otak (Brain Gym) membantu kamu tetap happy dan smart disaaat performance kerja sedang menurun,cukup gunakan 1-2 menit setiap hari untuk senam otak.

Brain gym sendiri awalnya digunakan untuk sebuah terapi anak anak yang mengalami ganguan hiperaktif, sulit konsentrasi, kerusakan otak,dan depresi namun sesuai perkembangan jaman banyak digunakan untuk berbagai macam kegunaan.

Menurut Paul E Dinniso PHD seorang ahli brain gym dari lembaga educational kineslogy Amerika Serikat meski sederhana brain gym mampu memudahkan setiap kegiatan dan menyesuaikan terhadap ketegangan, tantangan dan tuntutan hidup sehari hari,artinya brain gym tidak hanya melatih otak kanan dan kiri kamu untuk produktif namun juga  membantu melepaskan stress dan melepaskan ketegangan. Paul sudah mengenalkan terapi senam otak ini sejak 19 tahun yang lalu . Di Amerika dan eropa sendiri saat ini brain gym banyak digemari orang sebagai salah satu cara untuk melepaskan stress, kejenuhan, menjernihkan pikiran dan meningkatkan daya ingat . Beberapa Perusahaan di sana bahkan menjadikan brain gym ini menjadi ritual wajib disaat performance kerja menurun di jam jam tertentu. Bukan hanya itu saja ritual tersebut dimulai di awal sebelum pekerjaan dimulai, karena brain gym juga membantu stimulus kinerja otak untuk beradaptasi dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Paul sendiri membagi tiga jenis tipe gerakan dalam brain gym yaitu sebagai berikut.

Dimensi Lateralis

Dimensi ini membagi otak menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Apabila kedua  bagian otak tersebut bersinergi dengan baik maka akan menghasilkan daya kerja otak yang luar biasa.

Dimensi ini dapat dilakukan dengan gerakan menyentuh anggota badan secara silang dengan waktu yang cepat. Misalnya, tangan kanan diperintahkan untuk menyetuh lutut kiri dan juga sebaliknya

Dimensi Pemfokusan

Dimensi ini tertuju pada otak bagian depan dan otak bagian belakang, yaitu berpengaruh terhadap kemampuan ekspresi dan komunikasi.

Contoh gerakan untuk menstimulasi dimensi otak ini adalah gerakan mengaktifkan tangan. Salah satu tangan diangkat lurus di samping kuping, sementara tangan satu lagi memegang tangan yang diangkat pada bagian siku sehingga membentuk sudut 90 derajat. Pada saat ini jari-jari tangan yang diangkat dibuka dan ditutup bergantian selaras dengan irama nafas.

Dimensi Pemusatan

Dimensi ini dibagi menjadi otak bagian tengah atau limbic dan otak besar atau cerebral cortex yaitu bagian otak yang terkait dengan emosi.

Contoh gerakan yang menstimulasi bagian otak ini adalah gerakan menekan saklar otak pada tulang selangka kiri dengan jari tangan kanan, sedangkan jari tangan kiri memegang pusar.

Untuk mempraktekan di saat bekerja (sebaiknya dilakukan sebelum mulai bekerja dan , disaat performance kerja sedang cenderung menurun sekitar pukul 15.00) kamu bisa mencoba memulai dengan dimensi pemusatan, dengan menekan saklar otak yang berada pada bagian lembut dibawah tulang belikat. Sementara itu bolamata secara perlahan ke kiri dan ke kanan bolak-balik. Tangan yang satunya lagi diletakan pada daerah pusar, cukup disentuh dengan jari telunjuk dan tengah. Lidah diletakan dilangit-langit atas tepat berada dibelakang gigi seri atas, tarik nafas dalam dalam lalu lalu pikirkan yang manis,segar dan indah.

Usai melakukan gerakan Saklar Otak, gerakan selanjutnya adalah gerakan silang. Yaitu tangan kanan menyentuh lutut kiri sambil bergantian. Sembari itu, mata memandang sekeliling agar terasa lebih santai serta membangkitkan energi pada mata. kadang mata suka mengantuk saat bekerja. Itu bisa hilang dengan gerakan tersebut

Dilanjutkan dengan gerakan pasang telinga, kamu cukup menggunakan jempol dan jari telunjuk memijit dan menarik keluar membuka lipatan daun telinga dari atas ke bawah 3 atau 4 kali. Gerakan pasang telinga ini menstimulasi dan reflek mengaktifkan pendengaran dan perhatian. Dengan cara ini perhatian semakin meningkat, kemampuan mendengar dan berbicara ditingkatkan.

Lalu lanjutkan dengan gerakan delapan tidur adalah menulis angka delapan dengan jari jempol di udara, dengan bola mata mengikuti gerakan jempol yang membentuk angka delapan. Sementara kepala tidak boleh bergerak.

Kemudian bisa diakhiri dengan  gerakan titik positif. Gerakannya juga cukup mudah yaitu menyentuh titik positif yang ada di dahi dengan jari-jari tangan dan kiri . Sentuhan titik positif mampu membuat kamu lebih  rilek dalam  keadaan cemas, ini juga berfungsi untuk  melepaskan stres dan ketegangan selama bekerja.

Nah langkah mudah ini akan menjadi tips buat kamu agar keep busy,keep happy & keep smart. Selamat mencoba!

Text by Teguh Hambudi