8 Film Horor Dari Berbagai Negara Untuk Menyambut Halloween

13-10-2013 02:10:49 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Perayaan Halloween yang sudah biasa dilakukan di negara Barat yang sekaligus merupakan saksi bisu dari mitos Halloween itu sendiri mulai dirayakan pula di negara-negara Asia seperti Indonesia. Biasanya perayaan Halloween ditandai dengan pesta kostum dan ritual Trick or Treat.

Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana magis dan mistis di malam Halloween bersama teman-teman, selain menyiapkan kostum yang pas, kamu juga bisa menyiapkan film-film horror yang mencekam untuk nonton bareng.

Berikut 8 film horror terbaik dari 8 negara yang bisa dijadikan referensi untuk menemani perayaan Halloween kamu di akhir bulan ini:

Lake Mungo (Australia, 2008)

Film ini tidak hanya menyajikan visual yang kelam dan menyeramkan, namun juga cerita yang penuh dengan teka-teki dan tak terduga. Berawal saat seorang gadis berumur 15 tahun tenggelam dan meninggal di sebuah danau. Sejak kematiannya, banyak hal-hal aneh terjadi di sekitar rumahnya sehingga keluarga gadis tersebut memanggil seorang paranormal untuk menjawab segala keganjilan tersebut. Bersiaplah menyaksikan film dengan ketegangan tanpa jeda dan ending yang tragis serta mengejutkan dalam film ini.

The Eye (Hongkong, 2002)

Berkat kekuatan audionya, film ini mampu membuat bulu kuduk kamu berdiri di awal cerita bahkan ketika belum ada sosok-sosok aneh yang muncul. Bercerita tentang seorang perempuan buta berusia 20 tahun yang kemudian menerima donor mata dari seseorang yang telah meninggal. Namun mata baru tersebut ternyata mampu menembus dimensi dunia lain yang tak ingin ia lihat. Film ini merupakan salah satu film horror dari Asia yang diakui oleh dunia perfilman internasional. Tidak heran jika di tahun 2008 sutradara David Moreau dan Xavier Palud membuat kembali film ini dalam versi Amerika.

The Orphanage (Spanyol, 2007)

Bangunan tua yang lama tak dihuni selalu menyimpan cerita misterius. Begitu pula yang terjadi di sebuah panti asuhan khusus untuk anak cacat di Spanyol. Berawal ketika seorang wanita yang dulunya merupakan penghuni panti itu kembali bersama suami dan anak angkatnya untuk membuka kembali panti asuhan yang telah tutup tersebut. Sejak pindah, si anak angkat mulai berkomunikasi dengan seorang makhluk halus di panti tersebut yang ternyata merupakan peran kunci dari pembunuhan massal yang pernah terjadi di sana.

Inside (Perancis, 2007)

Film ini lebih bercerita tentang gangguan emosional seorang ibu yang kehilangan anaknya. Sangat menyentuh namun di sisi lain juga menyeramkan dan menegangkan. Bagi pecinta film melankolis yang ingin merasakan suasana mencekam di malam Halloween, film ini adalah pilihan tepat.

Keramat (Indonesia, 2009)

Jangan remehkan film horror asal Indonesia yang satu ini. Di tengah-tengah membludaknya film horror lokal yang seringkali menyinggung SARA, film ini justru membawa pesan moral yang berharga untuk selalu memelihara kekayaan alam. Cerita yang unik dan terasa begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari ini membuat kebanyakan penonton susah untuk melupakan berbagai kejadian di dalamnya.

The Amityville Horror (Amerika, 1979)

Kalau beberapa waktu lalu film ‘The Conjuring’ sempat heboh menjadi perbincangan karena kisahnya berdasarkan pada kisah nyata, maka film yang dibuat tahun 1979 ini memiliki irisan cerita yang hampir sama. Selain setting nya juga di rumah berhantu, film ini pun merupakan kisah nyata. Menonton film ini seperti menonton film ‘The Conjuring’ dalam versi yang lebih klasik.

Coming Soon (Thailand, 2008)

Film ini mengambil latar belakang tempat paling unik dari semua film horror yang pernah ada. Jika kita sering mendengar rumah berhantu, hutan berhantu, atau rumah sakit berhantu, maka film ini menceritakan tentang bioskop berhantu. Jangan heran kalau kamu akan merasa parno jika menonton film ini bersama-sama menggunakan mini theatre saat malam Halloween.

Halloween (Inggris, 1978)

Sepertinya tidak perlu memberi penjelasan panjang lebar tentang film ini. Dari judulnya saja tentu kamu bisa membayangkan suasana malam Hallowen kamu ditemani film ini. Intinya film ini bercerita tentang malam Hallowen yang terjadi dari tahun ke tahun di Inggris yang menyimpan sejuta misteri. Highly recommended!

Text by Fatimah Kartini Bohang