5 Hidden Places in Jakarta

11-10-2013 12:10:15 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Wajah ibukota yang identik dengan kesan metropolitan sesungguhnya menyimpan sisi lain yang layak untuk di-explore lebih jauh. Mungkin sebagian besar masyarakat hanya mengenal Monas dan Kota Tua sebagai tujuan wisata sejarah, Ancol dan TMII sebagai tujuan wisata hiburan, serta mall-mall modern sebagai tujuan wisata belanja.

Padahal di balik itu, Kota Jakarta memiliki tempat-tempat “tersembunyi” yang tak kalah menarik dan layak dijadikan referensi liburan. Berikut tempat-tempat unik yang harus kamu kunjungi.

Setu Babakan

Kota Jakarta tidak bisa dilepaskan dari akar budaya Betawi, namun proses modernisasi  sedikit demi sedikit memudarkan ungkapan tersebut. Untungnya masih terdapat masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap eksistensi budaya Betawi di ibu kota. Setu Babakan merupakan wilayah cagar budaya yang terdapat di kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jika ingin melihat bangunan-bangunan berarsitektur Betawi dan gaya hidup masyarakatnya yang kini sudah langka, datang saja ke wilayah ini. Selain menikmati suasana Betawi yang kental, kita juga bisa mengadu peruntungan dengan memancing di Danau Babakan.

Peternakan Sapi Mega Kuningan

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa di kawasan elit Mega Kuningan terdapat peternakan sapi perah seluas 100 meter persegi. Kandang sapi H. Mirdan adalah salah satu dari dua peternakan sapi yang masih aktif berproduksi di tengah hiruk pikuk kawasan tersebut. Sayangnya, peternakan sapi yang telah ada sejak 1950 ini kini harus menghadapi tantangan serius mengingat tidak semua pihak menyetujui keberadaannya.

Taman Langsat

Walaupun tidak setenar Taman Suropati, taman yang terletak di Kebayoran baru, Jakarta Selatan ini tak kalah indah. Begitu menginjakkan kaki di dalamnya, mungkin kita tidak akan percaya masih berada di wilayah Kota Jakarta. Selain suasananya yang asri, fasilitas yang terdapat di taman ini pun terbilang cukup lengkap, mulai dari tolilet, area parkir, auditorium, arena bermain anak, dan jogging tracks. Karena lokasinya yang strategis, taman ini cocok dijadikan tempat menyalurkan hobi, olahraga, atau hanya sekedar bersantai. Terlepas dari itu, sangat disayangkan hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan taman ini.

Pasar Barang Antik Jalan Surabaya

Untuk kamu yang hobi mengoleksi barang-barang antik bernilai seni tinggi, jangan ragu mampir ke Pasar Antik yang terdapat di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Selatan. Di pasar tersebut kita bisa menemukan barang-barang unik yang tidak terdapat di tempat lain, mulai dari guci hingga lampu hias antik. Bisa dibilang pasar ini merupakan surga bagi para kolektor barang antik ibu kota.

Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali untuk menikmati pemandangan laut biru yang jernih dengan pantai pasir putih. Terletak di wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Pari merupakan salah satu pantai terbersih yang berada di wilayah DKI Jakarta. Hanya dengan menempuh waktu 1 hingga 1,5 jam dari Ancol kita bisa menikmati keindahan Pulau Pari yang belum banyak dikenal orang.

Text by Dinda Miranda