Java Soulnation Festival 2013 Berlangsung Sukses dan Meriah

08-10-2013 01:10:30 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Para penggemar genre Soul, Rn'B,dan Hip-hop pastinya tidak asing lagi dengan festival musik yang didedikasikan untuk urban music goers ini, yes, The 6th Java Soulnation finally in town! Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Java Soulnation tahun ini di ramaikan oleh line-up artis-artis mancanegara dan lokal yang tidak asing lagi di telinga kita.

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/Karmin-1.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/Karmin-12.jpg" slide3="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/Karmin-3.jpg"][/slider]

Salah satunya yang tampil pada hari Jum'at, 4 Oktober 2013 adalah Karmin di L.A Lights main stage, single hits mereka 'Accapela' menjadi opening single yang sukses membuat audiens berteriak riuh dan ikut menyanyikan lagu tersebut. Di tengah pertunjukkan tiba-tiba Amy menangis terharu melihat audiens yang sangat antusias dengan Karmin dan langsung menyanyikan lagu "Look At Me Now" by Chris Brown. Karmin juga membawakan single dari album terbaru mereka "Try Me On". Sebelum Karmin, La Lights stage di isi dengan penampilan L.A Lights Special Performance ( Indonesian Voice ) dilanjutkan dengan penampilan dari Shane Filan yang sukses membuat audiens histeris dan bernyanyi bersama single-single terbaru Shane.

Mungkin banyak yang belum terlalu akrab dengan tiga perempuan dari Taipei, Taiwan ini, tapi Go Chic berhasil memikat audiens dengan penampilan mereka yang Sexy dan musik mereka yang Adrenaline-pumping. Mereka membawakan beberapa single bernuansa Hip-hop dan Rap yang sukses membuat audiens di Indosat Stage dancing along the beat.

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/FEM-6.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/FEM-2.jpg" slide3="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/10/Macy-Gray.jpg"][/slider]

Tepat pukul 00.00 malam, semua pengunjung Istora memasuki L.A.Lights stage untuk artis yang paling ditunggu-tunggu malam itu, siapa lagi kalau bukan Far East Movement! L.A Lights stage mendadak riuh dengan teriakan audiens ketika Far East Movement membuka performance mereka dengan single hits  Like A G6! Penampilan Far East Movement yang sangat atraktif dan enerjik sontak membuat suasana di L.A Lights Stage menjadi panas karena seluruh audiens dancing along their performance. Far East Movement menampilkan beberapa single mereka seperti “Turn Up The Love”, “Rocketeer”, “Live Your Life” , dan masih banyak lagi. Penampilan Far East Movement ditutup dengan penampilan solo DJ Virman yang bermain nonstop.

Hari terakhir festival musik Java Soulnation pada hari Minggu, 6 Oktober 2013 justru menjadi puncak ramainya audiens yang datang ke festival ini. Acara dimulai dengan pertunjukka Souljah dan Payung Teduh di dua stage yang berbeda, dilanjutkan dengan penampilan dari Chef’s special di Soulnation Stage yang sukses membuat audiens menghentakkan badannya, kemeriahan penampilan dari Chef’s Special ditambah dengan personel mereka yang ditengah pertunjukkan turun menghampiri audiens dan mengajak bernyanyi bersama. Sementara itu di Indosat Stage sedang berlangsung penampilan dari Tangga yang sangat luar biasa ide konsepnya untuk menampilkan anak-anak muda Indonesia berbakat di satu panggung untuk menari dan bernyanyi bersama. Nuansa nasionalis yang kental sangat terasa ketika mereka menampilkan lagu (lupa nih lagu apa pokonya lagu kebangsaan kita) dengan backdrop layar yang menampilkan seluruh anak muda Indonesia dari Sabang dan Merauke.

Sekitar pukul 20.30 banyak orang sudah menunggu diluar stage L.A Lights untuk menonton All 4 One. Semua antusias untuk menonton boy band asal Glendale, California tersebut. Single hits mereka “I Swear” sangat melejit di era 90an. Walaupun semua personel All 4 One sudah berumur, namun penampilan panggung All 4 One masih selayaknya ketika mereka masih muda.

Dira Sugandi adalah salah satu artis lokal pengisi Java Soulnation pada malam itu, walaupun sempat ngaret 30 menit, namun semua penggemar Dira Sugandi setia menunggu walaupun ditengah penampilan All 4 One yang sedang berlangsung di stage lain. Seperti layaknya diva, Dira Sugandi memasuki stage dengan penampilan yang glamour memakai mini dress silver. Dira Sugandi seperti biasa selalu ditemani dengan suaminya Elfa Zulham yang mengiringi dengan permainan drumnya. Dira membuka pertunjukannya dengan single “So In Love” oleh Jill Scott. Dira tidak tampil  sendiri karena ditengah pertunjukkan, Teza Sumendra, jebolan Indonesian Idol, menemaninya menyanyikan lagu “Nothing Else Matters”.

Project Pop juga mengguncang Indosat Stage di waktu yang sama, semua audiens berjoget mengikuti irama “Goyang Duyung” dan “Dangdut Is The Music Of My Country”. Tepat pukul 23.00 Macy Gray membuka pertunjukkan di L.A Lights Main Stage. Female Singer from Canton, Ohio was rocked the house and kept saying “Hey Sexy People”. Macy Gray membawakan beberapa single terbaiknya seperti “ I Try”, “ Beauty In The World” dan “Why Didn’t You Call Me”. Macy Gray juga membawakan single cover “Creep” By Radiohead yang membuat seluruh audiens bernyanyi bersama dengannya.

Secara keseluruhan, Java Soulnation tahun ini sangat sukses, over all, dari lighting, line-up, bahkan non-special shownya semuanya special, keren dan terkonsep.

Coverage by Hany Syafira Photo by Egon Saputra