3 Musisi Indie Pop Pendatang Baru Dengan Musik Easy Listening

02-10-2013 09:10:00 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Beberapa tahun belakangan ini, scene musik internasional seolah-olah diserang oleh karya-karya indie pop inovatif yang sangat modern tanpa meninggalkan kualitas musik yang ditawarkan. Namun terkadang, karya mereka susah dipahami oleh sebagian masyarakat karena menyajikan aransemen yang kompleks serta lirik-lirik metafora tingkat tinggi.

Maka pada kesempatan kali ini, JakartaVenue memberikan kamu rekomendasi mengenai musisi-musisi pendatang baru pengusung indie pop yang pastinya dapat kamu nikmati kapan saja tanpa perlu susah-susah mencerna musik yang mereka sajikan.

Alt-J

Aransemen sesuka hati dipadu dengan not-not yang tidak biasa menjadikan karya-karya mereka gampang diingat serta membekas di ingatan. Jangan khawatirkan masalah kualitas, piala bergengsi Mercury Prize tahun 2012 adalah bukti kapabilitas mereka dalam bermusik. Selain itu, nampaknya status platinum bagi album debut mereka, “An Awesome Wave” juga merupakan bukti bahwa karya mereka juga digemari masyarakat luas.

Recommended Tracks: Breezeblocks, Tesselate, Matilda

London Grammar

Grup ini sedang merasakan sukses di negara asalnya, Inggris, karena berhasil menyuguhkan komposisi pop yang gelap namun dibalut dengan aransemen yang ear-catchy. Suara sang vokalis, Hannah Reid, yang terdengar athereal dan powerful kadang sering disamakan dengan Florence Welch dari Florence + The Machine. Maka jangan heran kalau lagu-lagu mereka akan membuat kamu merinding dan ikut terbawa galau.

Recommended Tracks: Strong, Shyer, Wasting My Young Years

Lorde

Gadis cantik berusia 16 tahun asal Selandia Baru ini disebut-sebut sebagai “The Next Lana Del Rey” karena gaya bermusiknya yang cenderung lo-fi dan melantunkan lirik-lirik yang cukup sinis. Kini ia menginvasi Amerika Serikat dan sedang menikmati puncak tangga lagu Billboard Alternative Chart berkat single debutnya bertajuk “Royals”.

Recommended Tracks: Royals, Tennis Court, Team

Tak dapat dipungkiri bahwa kini belantika musik internasional kian dipenuhi dengan musik-musik baru yang variatif, bahkan mungkin saja nanti genre indie-alternative pop akan menjadi sebuah tren tersendiri. Namun sambil menunggu hal tersebut, tak ada salahnya kamu menikmati beberapa rekomendasi di atas yang dijamin akan membuat kamu mendengarkannya berulang-ulang kali.

Text by Galih Gumelar