Jamie Graham Akan Kembali Meriahkan Panggung Java Soulnation

30-09-2013 11:09:55 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Betotan bass yang diikuti lantunan vokal Jamie Graham dalam & Now You’re Gone sebagai track pembuka album LMNOP (Love Me Now Or Perish), benar-benar mampu menggiring pendengarnya jatuh hati penasaran.

Vokalnya yang bernuansa black music diiringi dengan instrument flute, saxophone dan trumpet semakin menegaskan genre soul yang dibawakan Jamie. Ya, LMNOP memang sebuah karya interpretasi Jamie terhadap musik soul.

Dalam album yang dirilis pada tahun 2012 lalu ini, influence dari Curtis Mayfield sangat kental mewarnai. Track Never A Thought adalah salah satunya. Selain Curtis Mayfield, Al Green dan Sly Stone pun turut menjadi influencer. Namun, Jamie mengemas setiap track dalam album ini dengan nuansa tersendiri. Baik lirik maupun iramanya. Bukti bahwa seorang James Aditya Graham benar-benar menyiapkan debutnya dengan matang.

Kehadiran LMNOP menjadi warna baru bagi musik Indonesia. Jamie tidak sendiri menggarapnya. Ia menggandeng beberapa musisi Indonesia dan Australia. Salah satunya adalah musisi jazz kawakan Indra Lesmana yang memainkan rhodes dalam track Alien, dan menghasilkan perpaduan nyentrik dengan cita rasa funk.

Meskipun LMNOP adalah sebuah debut dari Jamie, namun, musik bukanlah barang baru baginya. Selepas menjadi VJ MTV, Jamie sempat membantu penggarapan album dari The S.I.G.I.T dan Rock and Roll Mafia. Jamie juga sempat bersanding dengan Glenn Fredly dalam single Good Times  di album Aku dan Wanita.

Setelah performanya di Java Soulnation pada 2008 silam, Jamie kembali disebut sebagai salah satu confirmed artist dalam konferensi pers yang diadakan Java Festival Production (21/08). Saksikan performa Jamie Graham awal Oktober nanti di Java Soulnation 2013. So, love him now or perish.

Text by Sarah Sofiana Nabila Kuartanegara Photo by Egon Saputra