Financial Quick Tips: Hindari 5 Kesalahan dalam Mengelola Hutang

18-09-2013 08:09:35 By Budi Raharjo
img

Jika ditanya berapa banyak di antara kamu yang belum pernah berhutang. Pasti hanya sedikit sekali yang belum pernah melakukannya. Hampir semua orang pernah berhutang, entah melalui lembaga keuangan resmi seperti perbankan, koperasi, kartu kredit, dan lain sebagainya atau juga hutang perorangan melalui pinjaman antar teman atau kerabat. Berikut adalah beberapa tips menghindari kesalahan dalam mengelola hutang agar tidak kebablasan.

Berhutang tanpa Perhitungan

Periksa aliran arus kas kamu sebelum memutuskan untuk berhutang. Adakah sisa penghasilan yang mencukupi sebagai sumber untuk membiayai cicilannya? Jika ada berapa besar dari pendapatan kamu yang digunakan untuk mencicil? Sebaiknya angka ini tidak lebih besar dari 30% pendapatan rutin kamu tiap bulannya agar pembayaran tetap lancar dan sehat.

Hutang Konsumtif

Yang berikutnya adalah pastikan hutang kamu adalah jenis hutang produktif bukan yang konsumtif. Hutang produktif adalah hutang yang digunakan untuk membeli aset-aset yang menghasilkan atau berkembang di masa yang akan datang seperti misalnya hutang membeli rumah atau properti. Sedangkan hutang konsumtif sebaliknya, cenderung menggerogoti kekayaan masa depan karena yang dibeli bukan aset, melainkan barang mahal yang cenderung turun nilainya setiap waktu.

Hutang Berbunga Tinggi

Berhati-hatilah terhadap bunga kredit. Dalam jangka panjang bisa saja kamu membayar lebih banyak bunga dibandingkan dengan harga barang yang kamu beli. Cermati cara perhitungan bunganya, kalkulasi besar total cicilan dan lihat berapa besar biaya bunga yang kamu keluarkan untuk membeli barang itu. Menghemat biaya bunga adalah bagian dari cara untuk menghemat pengeluaran.

Menutup Hutang dengan Hutang Lain

Waspada untuk tidak pernah melakukan hal ini. Menutup hutang dengan menambah hutang lagi adalah sebuah cara yang buruk dalam menyelesaikan hutang. Lihatlah cicilan hutang dimana kamu memiliki masalah, jika barang tersebut kurang perlu kamu bisa mengurangi beban hutang dengan menjual barang yang tidak perlu tersebut.

Terlambat Membayar Cicilan Hutang

Tepati jadwal pembayaran cicilan. Kamu tidak ingin membayar biaya ekstra untuk cicilan karena keterlambatan. Lembaga keuangan biasanya memiliki sanksi yang jelas untuk orang-orang yang membayar terlambat cicilannya dengan menerapkan penalti dan denda. Kecuali kamu memiliki masalah keuangan dalam membayar cicilan sebaiknya tetap membayar cicilan tepat waktu tanpa pengecualian. Be smart with your money!