Jakarta Culinary Passport: Bring Your Food Passport, Explore the Foodniverse

18-09-2013 05:09:40 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Pada 12-15 September pekan lalu foodies ibukota dimanjakan oleh kehadiran Jakarta Culinary Passport (JCP) yang bertempat di Grand Indonesia. Dengan mengusung  tema “All Across The Foodniverse”, JCP menyajikan food festival dengan konsep yang tidak biasa.

“Sesuai temanya, JCP berusaha menampilkan keberagaman kuliner dari berbagai belahan dunia”, terang Heldira Larashati, salah seorang panitia Jakarta Culinary Passport, minggu kemarin.

Keunikan konsep terlihat dari denah lokasi, di mana terdapat 4 area utama, yaitu Homeland, Westland, Eastland, dan Lollyland. Tiap area memiliki ambience sesuai temanya masing-masing, misalnya area Homeland yang didekorasi sedemikian rupa menjadi pasar tradisional lengkap dengan gerobak soto dan bakul kerak telor di dalamnya.

Makanan yang disajikan pada tiap area pun tak kalah menarik. Pada area Homeland terdapat booth Rendang Rawit yang cukup mengundang perhatian pengunjung, booth Sombrero pada area Westland yang menyajikan makanan khas Negara Meksiko, booth Karokun pada area Eastland yang menonjolkan cita rasa Asia, serta booth Puyo pada area Lollyland yang sukses menciptakan antrian mengular. Dengan tiket seharga 10 ribu rupiah, pengunjung dapat menikmati bazar makanan sekaligus mengikuti rangkaian acara JCP lainnya, seperti Cooking Demo, Live Acoustic, DJ by Papermoon, serta penampilan spesial dari Raditya Dika dan Kevin Masterchef.

Meskipun event perdana, dapat dikatakan JCP mendulang sukses yang cukup besar. Hingga hari terakhir, JCP telah dikunjungi tak kurang dari 10.000 orang yang sebagian besar datang pada hari Sabtu dan Minggu. “Acaranya seru, harga makanannya juga sesuai, tahun depan harus banget diadain lagi acara kaya gini”, ujar Wika Sita, salah satu pengunjung yang mengaku telah menyicipi makanan di tiap booth. Coverage by Dinda Miranda