AM: Sebuah Dimensi Musik Terkini dari Arctic Monkeys

17-09-2013 02:09:24 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Dulu mereka memainkan nada-nada agresif melalui album fenomenal “Whatever People Say I am, That’s What I’m Not” di tahun 2005. Namun setelah merilis 5 album dan 9 tahun menapaki dunia musik, mereka kembali di tahun 2013 melalui album yang lebih dewasa bertajuk “AM”, sebuah album yang menandai kematangan Arctic Monkeys sebagai band profesional.

Proses produksi yang bertempat di Los Angeles membuat album ini terdengar begitu “Amerika” dibanding karya-karya mereka sebelumnya. Walaupun begitu, kamu masih dapat mendengar permainan gitar rock and roll ala Alex Turner pada album yang berisi 12 lagu ini meski kini vokalnya tak meraung-raung seperti dahulu.

Simak saja lagu “Do I Wanna Know?” serta “R U Mine?” yang memiliki judul berupa kalimat tanya namun mampu memuat musik tegas melalui lirik bermajas metafora yang diiringi riff-riff gitar nan catchy.

Mereka juga berhasil menginkorporasi genre soul serta R&B pada lagu “No. 1 Party Anthem”, “One for The Road”, dan juga “Mad Sounds”, pastinya tanpa meninggalkan ciri khas Arctic Monkeys yang selalu mengutamakan proporsi layer-layer gitar atraktif. Terdengar persis seperti evolusi album “Suck It and See” yang mereka rilis tahun 2011 lalu.

Album yang berhasil menjadi salah satu nominator Mercury Prize 2013 ini telah dirilis pada awal September lalu dan kini bersaing dengan Daft Punk untuk meraih gelar “UK’s Fastest Selling Album of 2013”. Dan selagi kamu menunggu pemenangnya, tak ada salahnya kamu mengisi nuansa baru bermusik Arctic Monkeys ke dalam playlist kamu untuk menemani aktifitas sehari-hari.

Judul : AM Artis : Arctic Monkeys Genre : Alternative Rock Durasi : 41 menit 57 detik

Tracklist:

  1. Do I Wanna Know?
  2. R U Mine?
  3. One For The Road
  4. Arabella
  5. I Want it All
  6. No. 1 Party Anthem
  7. Mad Sounds
  8. Fireside
  9. Why’d You Only Call Me When You’re High?
  10. Snap Out of It
  11. I Wanna Be Yours
Text by Galih Gumelar