The 10th JAMS: Menjunjung Tinggi Hak Kekayaan Intelektual Para Pekerja Seni

25-08-2013 11:08:28 By Egon Saputra
img

Kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia menerima informasi apapun secara digital. Perangkat lunak diciptakan oleh manusia untuk manusia. Seperti Internet, semua orang mengenal internet. Mulai dari yang muda hingga yang tua. Internet dapat dipergunakan kapanpun dan dimanapun, asal memiliki koneksi cukup baik.

Dengan adanya internet, seorang pekerja seni maupun musisi dapat mempromosikan karya mereka secara mudah dan murah. Dibalik kemudahan tersebut, ternyata ada bahaya yang mengintai mereka. Yaitu pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual. Tidak batasan dan hukum yang jelas tentang hak cipta seorang pekerja seni, semuanya berlalu begitu saja. File Sharing, salah satu bentuk media yang dapat digunakan untuk mempublikasikan sebuah karya (file) dalam bentuk elektronik yang memungkinkan pengguna lainnya untuk menikmati dan memiliki file tersebut. Permasalahannya saat ini, file sharing banyak disalahgunakan menajdi wadah bagi pembajakan dimana pengguna banyak men-download materi file tanpa seizin si pencipta.

Berangkat dari hal itu mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menyelenggarakan  Satu Dekade JAMS (Justice, Art, Music on Stage) . JAMS tidaklah seperti kebanyakan gigs pada umumnya, yang hanya menampilkan performance dari musisi tanpa membawa pesan pada penikmat karya seni. The 10th JAMS pun diselenggarakan di Galeri Komunitas Salihara Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menampilkan karya-karya seniman  yang think out of the box hingga membuat yang melihat geleng-geleng kepala. Art Exhibitions tersebut diisi oleh Anindya Anugrah, Reza Zefanya Mulia, Noran Bakrie, Sari Sartje, Saleh Husein dan beberapa pekerja seni lainnya. Tak Cuma itu saja, penampilan musisi indie yang namanya sudah melanglangbuana di negeri seberang seperti Sore, White Shoes & The Couples Company dan The Experience Brothers. The Milo, Leonardo and His Impeccable Six, Dried Cassava, Polkawars, Grace Sahartian, Backwood Sun serta Vinfag juga turut meramaikan The 10th JAMS. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 15:40 WIB dan dibuka dengan penampilan Heast.