ID Fest 2013: Memaknai Kemerdekaan Sebagai Inspirasi Generasi Muda

20-08-2013 06:08:30 By Egon Saputra
img

Kemerdekaan bukanlah sebuah diksi yang hanya pantas dipergunakan pada masa lampau saja. Walaupun bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan 68 tahun lalu, namun nyatanya terdapat hal-hal di dalam diri bangsa ini yang masih terbelenggu serta menunggu untuk dibebaskan, tak terkecuali kreatifitas yang dimiliki oleh generasi muda masa kini.

Sehingga atas alasan itulah Indonesia Independence Festival (ID Fest) 2013 yang bertempat di Tribeca, Central Park ini diselenggarakan. Dengan mengambil tema “Merdeka itu ….” , acara yang dimotori oleh Gudang Garam & The Crew ini bertujuan untuk menciptakan paradigma momentum hari kemerdekaan sebagai inspirasi generasi muda dengan menampilkan karya-karya seni anak bangsa yang berbeda serta inspirasional.

Pada puncak acara yang diselenggarakan bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia ini, ID Fest 2013 menyuguhkan berbagai bentuk karya seni seperti karnaval yang menggunakan kostum-kostum rancangan desainer dalam negeri, pertunjukkan wayang orang kontemporer, atraksi permainan yoyo yang memukau, hingga presentasi foto-foto yang menyuarakan kemerdekaan, dimana hasil karya ini ternyata juga dikompetisikan melalui jejaring sosial instagram.

Tak ketinggalan juga penampilan dari musisi-musisi yang memiliki visi seperti Saykoji, Ras Muhammad, J-Flow, serta EFA Project yang merupakan sebuah proyek kolaborasi musisi lintas genre. Aksi sosial pun tak luput dari fokus utama acara ini dimana pengunjung dapat mendonasikan 5000 rupiah demi membantu saudara-saudara yang membutuhkan serta berkesempatan untuk menuliskan arti kemerdekaan bagi diri sendiri pada papan yang telah disediakan organizer.

Banyak cara dalam memperingati hari jadi negara ini, namun merenungi makna kemerdekaan serta merealisasikannya ke dalam bentuk kontribusi merupakan sebuah langkah tepat bagi generasi muda Indonesia saat ini.

Text by Galih Gumelar Photo by Egon Saputra