The Blessed Unrest: Sebuah Motivasi Diri dari Sara Bareilles

04-08-2013 05:08:24 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Setelah sukses dengan albumnya yang terakhir, Kaleidoscope Heart (2010), akhirnya penyanyi cantik kelahiran California, Sara Bareilles, kembali menyapa penggemarnya dalam konsep full- album melalui single Brave yang dirilis pada April lalu.

Brave merupakan salah satu single dari album barunya yang bertajuk The Blessed Unrest. Bila dalam single Brave, kamu merasa tak asing dengan beatnya yang terdengar serupa dengan We Are Young milik grup band FUN, jangan berprasangka buruk dahulu. Di single ini, Sara memang dibantu oleh sang gitaris grup band FUN sendiri, Jack Antanoff.

Kematangan bermusik penyanyi yang terkenal lewat single bertajuk Love Song ini muncul pada single Brave. Dentuman beat pop yang kali ini diselingi rock sama sekali tidak menghilangkan ciri khas vokal Sara. Vokal Sara yang menghentak-hentak serupa anthem menjadikan track ini terdengar easy listening.

You can be amazing You can turn a phrase into a weapon or a drug You can be the outcast Or be the backlash of somebody’s lack of love Or you can start speaking up

Seperti judul lagunya, Brave, Sara benar-benar mendorong para pendengarnya untuk berani speak-up. Tema universalitas yang diambil ini terinspirasi dari seorang gay yang ingin come-out, yang merupakan teman dekat Sara. Ungkapan kejujuran Sara dalam menciptakan lagu memang patut diacungkan jempol. Liriknya terdengar simple namun sangat menohok dan penuh motivasi.

Selain Brave, track lain di album The Blessed Unrest ini juga mengambil tema yang tak biasa, seperti dalam single Little Black Dress, Manhattan dan Cassiopeia.

Say what you wanna say And let the words fall out Honestly I wanna see you be brave

Text by: Sarah Sofiana Nabila Kuartanegara