Wattstax: Festival Musik Kulit Hitam Amerika

25-07-2013 04:07:34 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Festival Woodstock mungkin sudah terlalu familiar, apakah kalian tau festival Wattstax? Set film dokumenter tentang sebuah pesta musik orang kulit hitam di Amerika ibarat Woodstock nya orang kulit hitam.

Film arahan sutradara Mel Stuart ini pernah meraih nominasi Best Documentary Film di tahun 1974. Festival yang diadakan pada 20 Agustus 1972 di jalan Watts Los Angles serta dibantu Stax Record label yang mengusung southern soul dan merilis banyak rekaman beberapa artis yang sekaligus bermain di Wattstax seperti Albert King, The Bar-Kays, The Stample Singers. Ratusan bahkan ribuan berkumpul menjadi satu, sebuah perhelatan festival musik terbesar setelah Woodstock yang berselang 3 tahun sebelumnya.

Berbeda dengan Woodstock yang mengangkat soal peace, love, and music, Wattstax sendiri lebih berbicara tentang sosial dan politik terkait dengan perayaan 7 tahun Watts Riots kerusuhan akibat kebrutalan aparat penegak hukum yang diskriminasi tehadap ras dan pekerjaan kepada orang kulit hitam di Amerika, tepatnya di Los Angels pada Agustus 1965. Film juga memuat beberapa wawancara dengan aktivis kulit hitam yang berbicara tentang pengalaman orang kulit hitam yang tinggal di Amerika. Sebuah film dokumenter yang bagus dan bersejarah. Layak untuk ditonton.

Text by Rendy Frebrianto Pratama