IYC: 'Saatnya Kita Beraksi!' Demi Indonesia yang Lebih Baik

08-07-2013 12:07:33 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Indonesia Youth Conference (IYC) diselenggarakan kembali untuk ketiga kalinya dengan  konsep yang terus berkembang disetiap tahunnya. Tagline 'Saatnya Kita Beraksi!' yang Bertempat di Upper Room Hotel Wisma Nusantara lantai 9 ini menyajikan Seminar, Kumpulan Komunitas, Artspace serta sajian musik di penghujung acara.

Acara yang bertujuan dimana aspirasi anak muda terdengar serta banyak pintu untuk merancang masa depan, wadah yang sangat bersejarah bagi Indonesia karena berkumpulnya ribuan anak muda yang peduli dan ingin beraksi demi Indonesia yang lebih baik. IYC adalah sebuah kegiatan dibawah Sinergi Muda dan diselenggarakan oleh anak muda Indonesia yang berkumpul untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini, meyakinkan masyarakat bahwa suara anak muda harus didengar dan ditanggapi dengan serius. Sesi seminar yang meliputi berbagai isu, mengundang para ahli profesional, pemerintahan serta pemuda-pemuda yang berprestasi untuk berbicara mengenai undang-undang, pemerintahan, politik, budaya, teknologi informasi, pendidikan, industri kreatif, lingkungan, kewirausahaan, serta jurnalisme dan media.

Selain itu IYC juga menghadirkan Artspace karya sineas-sineas muda yang mayoritas karyanya mengkritisi seperti "Wayang Orang Dalam Dimensi Waktu" ada terpajang artikel yang berjudul "Seni Wayang Tergilas Pertunjukan Budaya Global" mengkritisi budaya wayang yang hampir punah ditelan waktu.

[slider crop="yes" slide1="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/07/maliq-IYC.jpg" slide2="http://jakartavenue.com/wp-content/uploads/2013/07/WSACC-IYC.jpg"][/slider]

Akhir acara IYC ditutup dengan musik yang mayoritas pengunjung menunggu penampilan White Shoes And The Couple Company dan Maliq & D' Essentials. Lamuru Percussion menjadi amunisi pertama yang ditampikan keatas panggung belum berhasil membuat penonton histeris, namun banyak applause yang Lamuru terima karena mereka menyajikan musik yang berbeda yaitu menggunakan barang recycle seperti tong dan galon. Dilanjutkan penampilan After Miles, teriakan-teriakan sudah terdengar dan penonton sudah merapat ke panggung. Dan teriakan itu pecah saat White Shoes And Couple Company mulai memainkan hits-hits mereka pada malam itu. Sari dkk berhasil membawa penonton berjoget-joget kecil membawakan lagu di album baru mereka yang mayoritas nya berisi lagu-lagu daerah. Closing penampilan yang ciamik dari Maliq & D' Essential membuat malam itu terasa klimaks. Inilah persembahan dari anak muda, untuk anak muda, demi Indonesia yang lebih baik.

Text & Photo by Rendy Frebrianto Pratama