Isle East Indies - A Petite Jewel in the Thousand Islands

01-07-2013 02:07:36 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Tak jauh dari gemerlap hiruk pikuk kehidupan ibukota Jakarta, terdapat sebuah pulau pribadi yang jaraknya bisa ditempuh sekitar 90 menit saja. Pulau itu bernama Isle East Indies. Tim JakartaVenue.com sangat beruntung bisa merasakan kenikmatan surga dunia tersebut. Jakarta telah lama menjadi pintu gerbang ke megah ribuan pulau yang membentuk kepulauan yang luas di Indonesia. Isle East Indies adalah salah satu pulau terdekat yang bisa dijangkau. Sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 1000 meter persegi yang terletak di Utara Jakarta. Tidak banyak orang yang tahu bahwa pulau pribadi milik pengusaha bernama David Salman telah go public atau disewakan untuk umum. Awalnya pulau ini bernama pulau Kaliage Kecil. Namun setelah resmi dibuka untuk umum berganti nama menjadi Isle East Indies. Jika kita uraikan secara harfiah, Isle berasal dari bahasa perancis yang berarti “Pulau kecil”. East berarti “Timur”, sedangkan Indies berarti “Hindia”. Jadi bisa disimpulkan bahwa Isle East Indies adalah kemasan sempurna yang mewakili sebuah surga kecil dari timur Hindia.

How To Go There

Untuk menuju ke pulau ini, kita bisa memulai berlayar dari pelabuhan Marina Ancol. Ada beberapa alternatif transportasi menuju kesana, pertama menaiki speed boat dengan waktu tempuh sekitar 90 menit atau bisa berlayar dengan menikmati Raden Mas, kapal Yacht yang sudah disediakan oleh pengelola pulau. Jika kita mengunakan Raden Mas, waktu tempuh dari dermaga Marina sekitar empat jam lamanya. Namun, jangan khawatir perjalanan kamu membosankan, karena Raden Mas akan menjamu kamu dengan makanan dan minuman yang sudah disediakan oleh chef professional. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati hangatnya sinar matahari diatas deck kapal vintage yang berasal dari Inggris ini. Raden Mas adalah gelar untuk bangsawan Jawa, namanya yang gagah berbanding lurus mewakili penampilannya. Sesampainya di pulau, kamu akan disambut oleh kehangatan para kru Pulau Isle East Indies. Langkahkan kaki ke atas pasir putih Isle East Indies dan rasakan kenikmatan pulau pribadi, Yacht, dan pengalaman kamu yang paling berharga. Isle East Indies adalah sebuah pulau yang benar-benar pribadi. Jadi, ketika kamu memesan untuk tinggal dipulau ini, dengan kapasitas 8 orang saja bisa dipastikan kamulah pemilik semua keindahan pulau ini.

About The Island

Hanya ada empat bangunan utama di pulau ini, semuanya memiliki design kolonial etnik dan beragam ornamen benda antik yang menjadikan pulau ini lebih istimewa dari pulau-pulau lain yang ada di kepulauan seribu. Bangunan utama berupa Rumah Joglo, bangunan megah rumah kayu ala suku Jawa ini terletak persis di bibir pantai. Dengan dua kamar utama diselimuti ukiran kayu lengkap dengan koleksi buku serta beragam benda seni lainnya. Replika kapal phinisi menghiasi ruang tengah, lalu kursi-kursi malas lengkap dengan kelambunya, membuat siapapun merasa dimanjakan olehnya. Terdapat sebuah trek alami yang menjadi penghubung antar rumah, dari Joglo berjalan sedikit kebelakang ada Rumah Malay yang didalamnya terdapat dua tempat tidur dengan pemandangan langsung menuju laut lepas hingga Pulau Opak Besar tepat didepannya. Yang tak kalah menarik adalah kehadiran Rumah Lumbung, memiliki design rumah panggung namun dikemas dengan nuansa romantis. Didalamnya hanya terdapat satu kamar, sangat cocok untuk remaja atau yang kamu yang berjiwa adventurer. Bagi kamu yang suka bersantai sambil menikmati santapan ringan, tersedia juga bale yang tak kalah nyaman untuk berkumpul sambil menikmati keindahan sunset. Pulau inipun dikelilingi oleh pepohonan yang membuat teduh seluruh pulau.

Things To do

Jika kamu ingin melarikan diri sejenak dari kesibukan rutinitas pekerjaan, maka Isle East Indies adalah jawaban yang paling tepat. Bersantai dengan membaca novel favorit sambil menikmati sunset diatas ayunan dengan bertelanjang kaki menyatu dengan alam pulau tentu hal sangat mungkin dilakukan. Bagi kamu yang menyukai kegiatan air, disini juga disediakan peralatan snorkeling untuk menjelajah surga bawah laut pulau Isle East Indies. Tim JakartaVenue.com tentu tak ketinggalan menikmati keindahannya. Kepulauan seribu sendiri sudah terkenal dengan 17 jenis burung, 350 jenis ikan karang, 3 kelompok ganggang, 101 jenis moluska, 237 jenis terumbu karang dan 6 jenis rumput laut. Siapa yang tak mau melewatkan keindahan biota laut disini? Tak perlu waktu lama menuju lokasi snorkeling karena hanya dengan berjalan kaki dari bibir pantai depan Rumah Joglo, kita sudah bisa menikmatinya. Bentangan soft coral cantik dengan beragam jenis ikan dan biota laut lainnya dapat kita temui dengan mudah, baik dengan snorkeling, diving, atau hanya memandang dari permukaan air lautnya saja. Di beberapa area yang mendekati pantai, koral terlihat sangat dangkal, perlu berhati-hati di area ini karena khawatir kaki kita akan merusak coral tersebut. Pada area ini juga terdapat hamparan pasir putih di dasar laut yang sangat jernih, jadi jika ada perahu melintas kita bisa melihat bayangannya di dasar laut. Sungguh terasa damai ketika mata tertuju pada warna laut yang biru kemudian dipadu dengan turquoise yang sangat bening. Bagi kamu yang suka menantang adrenalin, bersiaplah untuk melintasi selat kecil yang menghubungkan pulau-pulau sekitar dengan bermain water ski. Memancing juga merupakan cara yang sempurna untuk mengisi waktu pagi kamu dan kembali saat waktu makan siang tiba. Cara lain yang sempurna untuk menikmati hari-hari di pulau ini adalah dengan menaiki Raden Mas dan berlayar menjelajahi pulau-pulau sekitar kemudian bersiaplah mengagumi keindahan lainnya. Untuk kamu yang mengajak si kecil ke pulau ini, jangan khawatir mereka akan rewel. Karena Isle East Indies sangat child friendly dan juga menyediakan peralatan water sport seperti boogie board dan snorkeling. Setelah seharian beraktifitas, kamu juga bisa menikmati suara ombak yang akan membuai kamu ke alam yang tenang sambil menikmati segelas mojito. Keindahan Isle East Indies Island yang memukau serta privacy yang ditawarkan merupakan sebuah pengalaman liburan yang patut kamu coba. Tertarik? :) Info Isle East Indies Island Direct Line : +62 812 3929 0199 Telp : +62 361 737799 info@isleeastindies.com www.isleeastindies.com Text by Meliza Sopandi Photo by Yanuar Suryakara English version on nationaljourney.com