Rangkaian Acara HUT Jakarta Ke-486

21-06-2013 03:06:40 By Muhammad Ishlah Alfath
img

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-486 Jakarta pada Sabtu, 22 Juni 2013, akan berlangsung sangat meriah. Pada tanggal tersebut, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah mempersiapkan berbagai acara rakyat, yang dimulai dari pagi hari.

Pada pukul 07.30 WIB, Gubernur Jokowi bersama pejabat Pemprov DKI dan pimpinan DPRD DKI melaksanakan apel HUT DKI ke-486 di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas). Setelah apel selesai, acara dilanjutkan dengan berfoto bersama Gubernur dan pejabat Pemprov DKI di pendapa Balaikota Jakarta.

Pada pukul 09.30 WIB, DPRD DKI menggelar rapat paripurna istimewa DPRD DKI dalam rangka HUT DKI Jakarta ke-486 tahun. Selain Jokowi, rencananya, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga akan menghadiri paripurna tersebut.

Pada pukul 09.00 WIB, akan ada acara perlombaan Jakfox 2013. Acara tahunan tersebut akan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Wiriyatmoko di Lapangan IRTI Monas. Acara Jakfox akan diselenggarakan selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu (23/6/2013).

Kemudian, di malam puncak HUT Ke-486 Jakarta, pengalihan arus akan dilakukan mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin sejak pukul 16.00 WIB secara bertahap hingga penutupan total pada pukul 18.00 WIB. Pada pukul 18.00 WIB, Jokowi bersama Wagub Basuki dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI hingga lurah akan bersama-sama berangkat dari Balaikota Jakarta untuk mengarak tumpengan besar menuju ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Ketua Panitia Penyelenggara HUT Ke-486 DKI, Sylviana Murni, mengatakan, rencananya Jokowi akan menaiki tumpeng raksasa dan memberikan dua potongan tumpeng kepada tokoh Jakarta, yakni istri mantan Gubernur DKI Jakarta Henk Ngantung, Evie Ngantung; dan mantan Wakil Gubernur DKI, Eddie Nalapraya.

"Nanti tumpeng itu akan diarak ya bersama Pak Wagub juga. Sementara itu, SKPD yang lainnya, mulai dari Wali Kota hingga lurah-lurah, akan ikut membawa sejumlah 486 tumpeng kecil yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat yang datang," kata Sylviana yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan DKI tersebut. Acara tumpengan itu rencananya akan selesai pada pukul 20.00 WIB.

Di jam yang sama, juga telah tersedia delapan panggung hiburan yang tersebar dari Gedung Indosat hingga Bundaran HI. Lokasi panggung itu akan tersebar di:

Wisata Kuliner Sabang: panggung PD Pasar Jaya dimeriahkan oleh Jamrud dan Steven Coconut Trees.
Jalan Sunda: panggung Jak TV dimeriahkan oleh Slank, Ronald, dan Tike Ekstravaganza.
Depan Hotel Pullman: panggung PT MRT Jakarta yang dimeriahkan oleh musik blues.
Depan Hotel Mandarin: panggung PT Pembangunan Jaya Ancol yang dimeriahkan oleh dangdut.
Kebon Kacang: panggung Bank DKI yang dimeriahkan oleh campursari dan rock n roll.
Lapangan sebelah EX Plaza: panggung PT Jakarta Propertindo yang dimeriahkan musik jazz.
Gedung Jaya: panggung PT Pembangunan Jaya yang dimeriahkan oleh disko.
Depan Bank Indonesia: panggung PD Pembangunan Sarana Jaya yang dimeriahkan oleh keroncong tugu.

Selanjutnya, konsentrasi acara akan tertuju pada panggung utama di sisi tenggara Monas (Gambir). Panggung utama itu mengambil tema "Karnaval Budaya Kota Jakarta Tempo Dulu, Masa Kini, dan Masa Depan".

Di panggung utama itu akan ada hiburan dari band Kotak, Bondan Fade2Black, Opera Van Java, Soimah, Omas, dan sebagainya. Jokowi bersama pejabat Pemprov DKI lainnya juga rencananya akan memeriahkan panggung utama.

Tak berhenti sampai di situ, mulai pukul 21.00 WIB, akan diselenggarakan malam muda-mudi. Konsep acara tersebut seperti Jakarta Night Festival pada malam tahun baru lalu. Malam muda-mudi akan berlangsung sepanjang Jalan MH Thamrin-Bundaran HI.

Kendati demikian, malam muda-mudi hanya dibatasi sampai pukul 22.00 WIB. Setelah acara selesai, semua panggung hiburan akan langsung dibongkar, dibersihkan, maksimal hingga pukul 03.00 WIB. Sebab pada hari berikutnya, yakni pada 23 Juni 2013, akan diadakan Jakarta International 10K di Monas.

Pengamanan

Sylviana mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI dan Polda Metro Jaya untuk pengaturan lalu lintas. Sebab, selama acara, sepanjang Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup untuk semua kendaraan. Jalur yang digunakan saat malam muda-mudi lebih pendek apabila dibandingkan malam tahun baru lalu.

"Sebanyak 800 personel Satpol PP akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya acara tersebut. Kami juga meminta bantuan Polda Metro Jaya. Pihak keamanan gedung di sekitar lokasi juga diminta untuk membantu pengamanan selama acara berlangsung," kata Sylviana.

Sumber: KOMPAS.com