Dikerumuni Band-band Underground, PowerMetal Tetap Percaya Diri di Hammersonic 2013

02-05-2013 02:05:53 By Egon Saputra
img

Umur ternyata bukan lah penghalang bagi setiap orang untuk terus berkarya dan mengibarkan eksistensinya. Hal ini pun dibuktikan oleh salah satu dedengkot metal Indonesia, PowerMetal.

Ditengah gempuran band-band Underground / Trash Metal / Death Metal, PowerMetal memberikan warna tersendiri bagi Pesta Metal, Hammersonic 2013 yang diselenggarakan 27 – 28 April 2013 lalu di Eco Park, Ancol. Bayangkan saja, PowerMetal harus bersaing dengan band-band setingkat Burgerkill, Outright, Dead Vertical, Obituary hingga Epica. Tidak mau ambil pusing dengan hal itu, Arul Cs tetap tampil pede di depan ribuan pasang mata.

Lewat hits lawas, ‘Penguasa’, penampilan PowerMetal langsung menghentak daratan Ancol. Tak mau terlalu banyak basa-basi, PowerMetal pun membawakan lagu kedua mereka ‘Lagu Kebebasan’. Penonton semakin grang saat band asal Surabaya itu membawakan lagu ‘Angkara’. “PowerMetal sepertinnya paling berbeda dengan yang lain, kita berada di band-band Death Metal. Tapi gak apa-apa yang penting musik metal di Indonesia tetap hidup” tutur Arul usai menyapa Arek-arek Suroboyo. Lengkingan suara Arul menggelegar saat ‘Satu Jiwa’ dikumandangkan. Para penonton kembali terhipnotis dengan karisma Arul yang mulai bergabung dengan PowerMetal sejak tahun 1991. Meski waktu mereka tampil hanya setengah jam, penonton tetap puas dengan penampilan PowerMetal yang kini sudah sangat jarang sekali terdengar bermain di festival-festival musik. PowerMetal pun menutup perjumpaan mereka dengan hits ‘Timur Tragedi’.

Banyak perubahan yang terjadi semenjak band ini terbentuk. Mulai dari perubahan formasi, album hingga ejaan nama. Sejak album “Power Metal IX” lahir di tahun 2010, nama Power Metal dieja tanpa spasi menjadi PowerMetal, berbeda dengan ejaan mereka sebelumnya. Harapannya supaya mereka tak berpisah lagi.