Berlibur Senang, Kocek Aman

15-02-2013 02:02:29 By Budi Raharjo
img

Buat beberapa orang, tahun 2013 disambut dengan kemeriahan dan semangat baru. Termasuk di dalamnya semangat untuk menentukan dan mencari tahu pada tanggal-tanggal berapa saja ada liburan panjang. Tahun 2013 ini paling tidak ada 8 libur panjang di tahun ini yang memberikan kita waktu untuk beristirahat antara 4-9 hari, termasuk salah satunya libur panjang lebaran yang jatuh di bulan Agustus. Nah, biasanya libur panjang ini diisi dengan beraktivitas termasuk di dalamnya yang sudah sibuk mencari-cari tiket murah untuk bepergian baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bisa dibayangkan jika kita merencanakan berlibur 8 kali dalam setahun ini, berapa banyak uang yang akan dikeluarkan. Agar berlibur menjadi tetap menyenangkan dan tidak menguras kantong, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam perencanaan liburan:

1. Waktu Berlibur

Rencanakan kapan kamu akan berlibur, susun berdasarkan kira-kira di periode yang mana kamu akan berlibur dan paling membutuhkan rekreasi. Apakah di awal tahun, pertengahan tahun atau akhir tahun. Dengan siapa kamu akan pergi, apakah sendiri, bersama pasangan atau keluarga. Jika pergi bersama keluarga, tentu kita harus memperhatikan juga kapan anggota keluarga lainnya akan berlibur agar bisa berangkat bersama-sama.

2. Sumber Dana Liburan

Ada beberapa sumber dana liburan yang mungkin bisa menjadi solusi. Yang pertama adalah dari menabung secara khusus untuk liburan, caranya dengan menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan untuk perjalanan liburan, yang kedua bisa dari THR atau mungkin bonus tahunan. Atau mungkin saja ternyata perusahaan tempat kamu bekerja menyediakan kontes liburan yang biaya perjalanannya dibiayai oleh perusahaan. Yang harus diperhatikan adalah dana liburan harus disediakan di luar dari kebutuhan dana tabungan darurat. Dana darurat harus tetap pada proporsinya, tidak ikut terpakai oleh dana liburan.

3. Cari alternatif-alternatif

Cermat dan pintar-pintarlah mencari alternatif-alternatif liburan, jangan membeli gengsi dari liburannya, tapi juga kreatif dalam menciptakan liburan yang variatif. Tidak hanya bepergian dan berbelanja, mungkin bisa juga melakukan eksplorasi sejarah, budaya dan kebiasaan orang setempat dan lain sebagainya. Miliki alternatif moda transportasi juga serta penginapan. Dengan begitu kamu bisa mungkin berhemat dan menambah petualangan ketika berlibur sehingga liburan menjadi lebih menyenangkan.

4. Tetap pada Kemampuan

Berapa dana liburan yang dimiliki? Jumlah dana liburan kamu nantinya akan menentukan kemana, berapa lama dan dimana kamu akan berlibur, tipe alat transportasi dan akomodasi yang akan digunakan. Tetaplah pada standar kemampuan kamu, jangan terlalu memaksakan di luar batas kemampuan, kecuali jika setelah berlibur kamu masih ingin berpikir tentang bagaimana membayar cicilan tagihan liburan yang lalu. Jangan lupa memperkirakan biaya pemulihan setelah liburan.

5. Tetap Sehat

Jaga kesehatan selama berlibur, jangan sampai euforia berlibur mengakibatkan kehilangan kontrol makanan dan akibatnya gangguan pencernaan. Kesehatan adalah investasi. Nikmati liburan kamu dan jadikan liburan kamu sebagai liburan yang sehat dan menyenangkan. Here comes holiday.. Be Smart with Your Money Image: www.corbisimages.com