Merawat Sepatu dan Tas Kulit Agar Tidak Terlihat Kusam

26-01-2013 12:01:15 By Egon Saputra
img

Sepatu dan tas dengan bahan dasar kulit memang selalu jadi barang yang ekslusif. Aksen wana kulit, entah kenapa selalu memberi kesan mewah dan elegan bagi pemiliknya. Harga produk fashion yang terbuat dari kulit juga biasanya tidak murah. Karena harganya yang tidak murah inilah, tentu akan sangat sayang jika tas atau dompet kulit tersebut tidak dirawat dengan baik. Memang tas dan sepatu kulit agak sulit untuk dibersihkan dan dirawat. Harus esktra hati-hati untuk merawat dan membersihkan tas berbahan kulit karena tas produksi atau sepatu produk jenis ini rentan terhadap sobekan, gesekan dan kerutan. Kebanyakan produk dari kulit ini memerlukan perhatian khusus agar kualitasnya tetap terjaga dan bertahan lama. Yang sering terjadi adalah semakin lama umur kulit, semakin rentan pula bahan tersebut dari minyak, debu dan kerusakan karena sinar UV yang selanjutnya akan menghilangkan kelembabannya. Mempunyai tas dan sepatu kulit memang punya kesenangan tersendiri untuk kaum wanita dan pria. Oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa hal agar sepatu dan tas kulit koleksi kamu tetap terlihat bersih dan tidak kusam. Berikut beberapa tips merawatnya:

Merawat Tas Kulit

  1. Hindari menyimpan dalam kantong plastik, karena akan menyerap kelembapan.Bungkus selalu tas kulit kamu dalam kantong kain lalu digantung. Tas sebaiknya tidak dilipat agar tidak mengubah bentuknya.
  2. Jangan pernah menumpuk tas kulit, baik dengan tas yang lain, atau dengan benda lainnya.
  3. Jaga agar tas kulit Kamu tidak pernah terkena air dan minyak, karena air dan minyak dapat merusak kulit. Jika sudah terlanjur terkena air, gantung tas agar terkena angin dan kering dengan sendirinya, atau bisa dilap dengan lap kering secara perlahan (jangan digosok).
  4. Sisipkan/masukkan kain perca, koran atau kertas putih saat tas tak digunakan untuk menjaga bentuknya agar tidak gepeng
  5. Pastikan lemari tas kamu kering dan tidak lembab, tambahkan silica gel / kamper gantung lemari untuk menghindari tas dari jamur dan angin-anginkan tas kamu sebulan sekali
  6. Beberapa brand ternama menjual pembersih khusus produknya. Tanyakan penggunaannya pada sales-nya.
  7. Jangan mencuci dengan menggunakan deterjen, apalagi menjemurnya dibawah matahari. Karena akan merusak kulit.

Merawat Sepatu Kulit

  1. Jangan Jemur Dibawah Matahari Langsung. Bila sepatu kamu terkena air, Jangan sekali-sekali menjemur di tempat yang kena sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa menyebabkan kulit retak-retak dan terlihat jelek.
  2. Bersihkan Sepatu Kulit Dengan Menggunakan Kain Halus dan Sikat Berbulu Lembut. Kalau kamu ingin membersihkan sepatu kulit dari kotoran yang menempel, usahakan untuk selalu menggunakan kain halus atau sikat berbulu lembut. Kain halus bisa kamu pakai untuk membersihkan permukaan sepatu, sedangkan sikat berbulu lembut dapat kamu gunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat di sela-sela jahitan sepatu kamu.
  3. Pastikan Sepatu Kulit Selalu Dalam Keadaan Kering dan Hindari Tempat lembab. Keadaan basah atau lembab bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri penyebab bau tidak sedap dan juga dapat merusak sepatu kulit. Oleh karena itu, hindari penggunaan saat hujan. Kalaupun terlanjur basah, cepat keringkan sepatu dengan menggunakan kain halus kering kemudian angin-anginkan.
  4. Silica Gel bisa membantu menghindarkan sepatu kamu dari kuman-kuman yang bakal ngerusak. Usahakan taruh silica gel di kardus sepatu kamu, atau di dalam sepatu kamu ketika lagi nggak dipakai. Saat membeli tas atau sepatu baru di toko produk murah atau industri tas, industri sepatu, biasanya kita menemukan sebuah kantong kecil berisi butiran atau silica gel. Butiran itu berfungsi mengawetkan bagian dalam tas murah produk,dan menjauhkan dari serangga pengganggu seperti kecoa atau rayap. Jadi, disarankan  jangan membuangnya setelah membeli tas. Jika terlanjur membuang, kamu bisa menggantinya dengan kapas atau kapuk pada bantal, dan bungkus dengan kain.
  5. Jangan pernah mencuci atau membersihkan dengan air.
  6. Gunakan shoe tree atau ganjalan sepatu, untuk mempertahankan bentuk sepatu saat penyimpanan.
  7. Pakailah sepatu minimum 1 kali dalam seminggu, hal ini berguna untuk memberikan udara segar dan mencegah kulit sepatu anda kaku.
Seperti layaknya kulit tubuh manusia yang memerlukan pelembap agar tetap halus dan lembut, prouk sepatu dan tas kulit juga memerlukan perawatan yang sama. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat buat kamu !