Financial Quick Tips: Don't squeeze that belt too hard, budget with ease

26-01-2013 04:01:01 By Budi Raharjo
img

Menyusun anggaran belanja atau istilahnya budgetting seringkali bikin kita malas melakukannya. Mulai dari pemikiran budgeting tidak membantu kita sampai dengan sepertinya dengan budgeting hidup saya terkekang. Padahal tanpa melakukan budgeting justru kita bisa kehilangan kendali atas keuangan kita. Berikut adalah tips bagaimana membuat anggaran menjadi lebih mudah.

1. Sasaran pertama adalah menabung

Berapa yang ingin disisihkan untuk ditabung? Sasaran utama kita membuat budgeting adalah agar ada yang bisa disisihkan untuk ditabung. Maka pos tabungan ini yang seharusnya didahulukan. Minimal yang harus ditabung adalah 10% dari pendapatan. Jadi jika misalnya seseorang memiliki penghasilan sekitar Rp 5 juta per bulan, maka pos tabungan ini adalah sekitar Rp 500 ribu per bulan.

2. Jangan lupa bayar cicilan hutang

Setelah terima gaji, segera transfer pos tabungan ke rekening tabungan khusus. Bagaimana cara menghabiskannya? Pertama adalah ingat kewajiban cicilan hutang jika ada, kamu tidak bisa menunda pembayaran cicilan karena bisa berdampak denda dan penalti, belum lagi bunga yang harus dibayarkan. Bayar cicilan hutang sebelum jatuh tempo.

3. Pengeluaran rutin bulanan

Belanja bulanan, listrik, telepon, SPP anak, premi asuransi adalah pengeluaran rutin rumah tangga yang perlu dikeluarkan setiap bulan. Identifikasi pengeluaran rutin apa saja yang perlu dikeluarkan.

4. Habiskan sisanya

Setelah itu habiskan sisanya. Bagi sisa uang untuk pengeluaran mingguan dan kemudian berapa yang dikeluarkan setiap hari. Misalnya, ternyata uang yang tersisa dari total pengeluaran yang sebelumnya adalah Rp 1.500.000,-. Berarti batas pengeluaran harian adalah Rp 1.500.000,- dibagi 30 hari, yaitu adalah Rp 50.000 per hari. Maka tugasnya adalah membatasi pengeluaran harian agar tidak lebih dari Rp 50.000,-. Selama kamu disiplin dalam pengeluaran harian agar tidak melebihi anggaran, maka kamu akan aman hingga akhir bulan berikutnya. Bonusnya adalah kamu tetap memiliki tabungan karena tabungan sudah dialokasikan sebelum dibelanjakan.

5. Tingkatkan

Dalam beberapa bulan berjalan kamu akan sudah terbiasa dengan pola pengeluaran baru, berikutnya adalah meningkatkan potensi tabungan sesuai dengan kebutuhan masa depan. Butuh latihan dan penyesuaian, namun layak untuk dicoba hadiahnya menanti di saat pendapatan kamu sudah meningkat anda sudah memiliki kecerdasan dalam mengendalikan keuangan kamu. Be smart with your money!