Mengelola Gaji Agar Tidak Habis Di Tengah Bulan

14-01-2013 02:01:20 By Budi Raharjo
img

"Gaji kecil gak cukup, tapi gaji besar juga kurang. Terus bagaimana ya?" Gaji saya 20 koma Pak, .. Maksudnya? Habis tanggal 20 setelah itu koma. Fenomena keuangan yang bisa terjadi pada siapa saja dalam level keuangan berapa pun. Buat yang resolusi 2013 ini ingin tahu bagaimana cara mengelola pendapatan agar tidak habis di tengah bulan, berikut ini adalah 3 langkah mengendalikan pengeluaran agar tidak besar pasak daripada tiang.

1. Cek Pengeluaran

Sudah pernah mencatat setiap hari secara detil pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan? Mencatat pengeluaran menciptakan kesadaran tentang pengeluaran-pengeluaran kita baik yang besar dan kecil. Dengan melakukan pencatatan kita jadi mengerti di pos-pos mana saja terjadi fluktuasi dan pengeluaran yang berlebihan. Banyak software keuangan pribadi yang beredar untuk smartphone yang bisa membantu kita mencatat pengeluaran rutin kita sehari-hari secara mudah dan menyenangkan bahkan hingga merangkumnya dalam bentuk sebuah laporan.

2. Cek Hutang

Periksa kewajiban cicilan hutang-hutang. Bisa saja kondisi keuangan menjadi sempit karena proporsi cicilan hutang dibandingkan dengan pengeluaran terlalu besar karena kurang kendali pengeluaran hutang. Berhati-hati dengan hutang yang konsumtif dan berbunga tinggi. Belajar menahan diri untuk mendapatkan sesuatu barang yang diinginkan secara tunai bisa mencegah kita kehilangan kendali atas keuangan kita.

3. Buat Anggaran

Membelanjakan uang sebelum merencanakan? Ini bisa berakibat fatal. Sifat kita secara alamiah lebih cenderung untuk membelanjakan daripada menabung. Dorongan emosional untuk membelanjakan uang di hal-hal yang kurang perlu bisa terjadi. Lakukan perencanaan belanja dengan menggunakan anggaran. Susun pengeluaran berdasar prioritas. Letakkan prioritas utama di bagian atas dan keluarkan kewajiban segera. Miliki kembali kendali atas keuangan kamu. Selamat mencoba. Be smart with your money!