Tips Mengatasi Insomnia

17-09-2012 11:09:12 By Egon Saputra
img

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan karena saat tidur terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Beberapa manfaat tidur bagi kesehatan telah diungkapkan oleh para ahli, satu diantaranya adalah tidur mampu meningkatkan kekebalan tubuh seperti yang dikutip Mayo Clinic. Orang yang kurang tidur akan lebih mudah tertular bakteri atau virus sehingga akan lebih jatuh sakit. Sulit tidur atau yang lebih dikenal Insomnia merupakan keadaan yang terjadi pada seseorang yang tidak dapat tidur dalam waktu yang cukup setiap harinya. Penyebabnya beragam, bisa dari banyaknya kegiatan fisik maupun rasa sakit yang sedang melanda dirinya. Insomnia terbagi dalam 3 jenis yaitu Insomnia sementara (tida bisa tidur pada waktu malam hingga bebarapa hari), Insomnia akut (tidak dapat tidur pada malam hari dalam rentang waktu satu minggu untuk 3-6 bulan) serta Insomnia kronis (tidak dapat tidur setiap malam selama satu bulan atau bahkan lebih). Insomnia atau sulit tidur ternyata memiliki dampak negatif pada orang yang mengalaminya. Dampak negatifnya yaitu berkurangnya stamina pada keesokan harinya, melemahnya daya tahan tubuh, berpeluang terserang penyakit kencing manis, tidak fokus dalam segala aktivitas, sering mudah lupa atau amnesia, gampang tersulut emosinya, memicu terkena penyakit serangan jantung dan lain-lainnya Berikut tips menghindari Insomnia:

  • Sebaiknya mengatur waktu (pola) tidur dan bangun yang teratur setiap harinya.
  • Sebaiknya mengosongkan pikiran kita dari segala masalah atau apapun itu ketika menjelang tidur.
  • Sebaiknya tempat tidur kamu terhindar dari segala barang-barang yang dapat menganggu aktivitas tidur kamu seperti HP atau gadget lainnya.
  • Jangan menonton TV serta membaca buku sampai larut malam saat menjelang tidur.
  • Buatlah suasana kamar kamu senyaman mungkin dan minim cahaya.
  • Minum susu sebelum tidur juga sangat baik dalam membantu aktivitas tidur kamu lebih nyenyak.
  • Menghindari minum kopi sebelum tidur malam masih merupakan cara efektif agar tidak menganggu aktivitas tidur kamu di malam hari walaupun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.
Lama tidur yang optimal tidur untuk orang dewasa biasanya antara 7 jam dan 8 jam semalam. Sementara anak usia sekolah dan remaja membutuhkan 9 jam atau lebih tidur setiap malam. Walaupun tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bukan berarti tidur yang lebih lama akan membuat Kamu lebih sehat. Tidur terlalu lama malah akan menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk orang dewasa, tidur lebih dari 9-10 jam setiap malam telah diketahui berkaitan dengan penambahan berat badan, masalah jantung, stroke, gangguan tidur, depresi, dan masalah kesehatan lainnya.