Tips Merawat Jeans Kesayangan

06-01-2012 07:01:27 By Desca A. Yudha
img

Siapa yang tidak mengenal jeans? Produk olahan dari kain denim ini disukai oleh semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Beragam jenis dan model potongan jeans pun diproduksi oleh berbagai label, baik label lokal maupun branded yang telah lebih dulu menyerbu pasar. Dengan kualitas jeans yang ditawarkan, tentunya sebanding dengan harga yang tidak murah, yang harus kita bayar. Sayang banget kan? kalau koleksi jeans kesayangan kita jadi rusak dan gak tahan lama. Nah, kali ini Jakarta Venue punya tips-tips dalam merawat koleksi jeans kesayangan kalian.

Sebelum mencuci

Jangan terlalu sering mencuci jeans kesayangan kamu, kecuali terkena noda yang bakal sulit dibersihkan. Karena dengan sering mencucinya akan membuat warna cepat pudar, berubah bentuk dan lebih cepat aus. Perhatikan cara perawatan yang tetera pada label. Karena tiap jeans memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

Saat mencuci

  • Pastikan untuk membalik sisi bagian dalam jeans saat merendam atau mencuci, agar warna jeans tetap terjaga.
  • Gunakan detergen tanpa pemutih.
  • Hindari penggunaan air panas untuk mencuci, karena akan menyebabkan kerusakan pada serat kain.
  • Jika menggunakan mesin cuci, kancingkan dan kaitkan resleting jeans agar bentuknya tidak berubah.

Menghilangkan noda

  • Getah : teteskan alkohol pada pada area yang terkena noda. Diamkan selama 5 menit, gosok dengan ibu jari, lalu cuci dengan sabun dan air.
  • Permen karet : taruh es pada area yang terkena noda. Setelah permen karet membeku, kamu bisa mencucinya seperti biasa.
  • Lumpur : noda lumpur dapat dibersihkan dengan cara merendam jeans di dalam air hangat, yang telah dicampur dengan detergen.

Saat mengeringkan

Keringkan jeans dengan cara dijemur di area terbuka yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, agar tidak merusak warna alami jeans.

Saat menyetrika

Setrika jeans dengan cara membalikan sisi bagian dalam keluar, lalu setrikalah dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Menjaga keawetan warna jeans

Rendam jeans kedalam air yang telah dicampur dengan cuka, lalu lakukanlah pencucian seperti biasa. Dengan melakukan tips-tips diatas dan ditambah dengan keyakinan dalam hati, niscaya koleksi jeans kalian akan terawat dengan baik. Selamat mencoba! :D