Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

JakartaVenue.com | April 19, 2014

Scroll to top

Top

No Comments

Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kantor

Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kantor
Administrator

Siapa bilang saat di kantor kamu tidak bisa berolahraga? Olahraga ternyata bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di kursi tempat kamu bekerja.

Duduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot tegang sehingga mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu seperti leher dan punggung. Jika berlangsung dalam waktu lama, kebiasaan ini dapat menganggu kesehatan dan pekerjaan kamu.

Nah, untuk mencegah hal ini, yang perlukan kamu adalah melakukan olahraga di kantor untuk menjaga tubuh kamu tetap bugar dan sehat selama bekerja. Berikut 10 cara olahraga di kantor yang bisa kamu lakukan saat tidak memiliki waktu beranjak dari tempat duduk kamu.

    1. Warm Up
      Kamu bisa mulai olahraga di kantor dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya, sambil duduk di kursi, lakukan peregangan pada jemari, kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada dengan perlahan.
    2. Side Neck Stretches
      Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot leher dan menghindarkan kamu dari nyeri leher akibat duduk terlalu lama. Caranya, Duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.
    3. Shoulder Shrug
      Bahu merupakan daerah yang seringkali mengalami nyeri saat kamu melakukan aktivitas. Contoh gerakan untuk mencegah nyeri bahu adalah, duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.
    4. Chair Sit To Stand
      Ini adalah contoh olahraga di kantor yang mudah bagi kamu. Cukup berdiri kemudian duduk, dan berdiri lagi, lakukan selama 30 menit. Gerakan ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh kamu.
    5. Swimming Exercise
      Gerakan latihan ini sama dengan gerakan pada saat kamu berenang. Dengan posisi duduk, gerakkan tangan seperti kamu melakukan rengan dengan gaya dada ataupun gaya punggung.
    6. Back Side-Stretch
      Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal di bagian punggung akibat duduk terlalu lama. Caranya, duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.
    7. Jumping Rope
      Kamu pernah lompat tali? Kamu dapat melakukannya di kursi. Caranya, dalam posisi duduk, angkat kaki secara bersamaan seolah-olah kamu melakukan lompat tali. Latihan ini baik untuk melatih otot kaki.
    8. Middle Back Stretch
      Merupakan latihan yang baik untuk melatih bahu dan lengan secara bersamaan, sehingga terhindar dari kram atau kesemutan. Caranya, duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik dan ulangi untuk siku sebelah kanan.
    9. Back And Leg Curl
      Untuk meregangkan otot lutut dan paha kamu bisa melakukan gerakan ini. Caranya, saat duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki sebelah kiri.
    10. Leg lift
      Bermanfaat untuk meregangkan otot paha dan betis secara bersamaan. Caranya, duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki kembali, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.

Denny Santoso
DuniaFitnes.com