Misteri Dibalik Lagu Bohemian Rhapsody

Misteri Dibalik Lagu Bohemian Rhapsody


Siapa yang gak kenal : Bohemian Rhapsody Lagu yang pernah dinobatkan sebagai Lagu Rock Epic Terbaik Sepanjang Masa oleh majalah musik Mojo edisi April 2004. Bahkan menurut penelitian Guinness World Records tahun 2002 pada 31.000 responden, Bohemian Rhapsody adalah lagu terfavorit di UK. Lalu bagaimana pendapat anda, tentang lagu Bohemian Rhapsody?

Bohemian Rhapsody berasal dari album Queen yang berjudul A Night At The Opera yang diproduseri Roy Thomas Baker pada tahun 1975. Lagu ini dikarang oleh Freddy Mercury vocalist kelompok Queen (Catatan : Queen terdiri dari Freddy Mercury, John Deacon, Roger Taylor, Brian May). Lalu, apa yang menarik dari Bohemian Rhapsody?

Kita tahu bahwa Freddy Mercury pencipta Bohemian Rhapsody adalah penulis lagu dengan menggunakan kunci-kunci aneh. Nada dasarnya cepat berubah. Musiknya mempunyai struktur chord yang susah dimainkan dan dinyanyikan, demikian halnya pada lagu Bohemian Rhapsody. Dari E flat Mayor ke F Minor kemudian ke A Mayor dst. Lagu yang dimulai acappella dengan pertanyaan : Is this the real life – Is this just fantasy dan diakhiri dengan dengan suara gong itu memang cukup unik, sehingga tidak heran bila hampir semua penggemar musik pasti kenal lagu ini. Bahkan banyak orang meramalkan bahwa belum tentu ada partitur yang ditulis sebagamana Bohemian Rhapsody dalam abad ini..

Selain terletak pada keindahan partitur, piano, suara Freddy, Guitar May atau koor-nya, Bohemian Rhapsody menjadi sangat menarik lantaran lirik lagunya yang mengundang sejuta misteri sejalan dengan kepergian si pencipta. Bohemian Rhapsody sangat complicated, dan menimbulkan banyak perdebatan makna lagu. Banyak yang mengatakan bahwa lagu ini sulit dipahami dan cukup gelap. Mengandung teka-teki yang sulit dipecahkan, khususnya dalam bagian operanya.

Konon dalam proses pembuatannya Freddie tampak begitu yakin dan mengetahui apa yang harus dilakukannya, sepertinya Bohemian Rhapsody sudah lama ada di kepala Freddie. Bahkan Ia telah mencatat lirik lagunya di sebuah buku notes tua milik ayahnya. Beragam apresiasi dari penikmat mengenai makna lagu itu sering menjadi perdebatan kontroversial sepanjang masa. Suatu ketika dia menyebut nama Allah dengan membaca Bismillah, padahal disisi lain ia memanggil nama Setan dengan berteriak : Beelzebub.

Parade karakter dan penggunaan frase-frase sejarah aneh membuat penikmat kebingungan dan tersihir walau tanpa mengetahui maknanya.. Berbagai mantra digunakannya seperti : Scaramouche, Galileo, Beelzebub, Figaro, Mama Mia, dan Magnifico. Secara etimologis beberapa frase dan mantra yang dilafalkannya mempunyai arti sbb : Scaramouch berarti seorang pengecut yang banyak omong. Fandango berarti tarian. Beelzebub merupakan nama setan. Lalu apa arti Galileo, Figaro, magnifico ? Saya cari pada dictionary Galileo itukan nama Astronom berasal dari Italia penemu Telescope bintang….??? Apa hubungannya ? Lalu apa arti Figaro dan magnifico ???? Pusing…!!!!

Saat Bohemian Rhapsody dirilis ke publik, banyak spekulasi yang muncul tentang makna lagunya. Orang percaya bahwa lirik itu melukiskan tentang pelaksanaan proses ekesekusi, yang diilhami Novel Albert Camus, The Stranger. Bahkan ada yang meyakini bahwa lagu itu mengisahkan tentang wajib militer di Perang Vietnam. Sedangkan disisi lain ada yang percaya bahwa lirik itu diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musik yang diciptakan, sehingga tidak memiliki makna atau arti sama-sekali.

Brian May pernah mengatakan : Setiap orang termasuk dirinya, memiliki interpretasi masing-masing terhadap maha karya tersebut. Sehingga ia mengaku sampai sekarang tidak mau mengungkapkan secara terbuka apa pandangannya terhadap karya besar sahabatnya itu. Tidak ada yang berani membicarakan soal liriknya saat proses pembuatannya karena Freddy seperti sudah yakin dengan penemuannya, kata May.

Freddy berbeda dengan personil Queen lainnya yang senang bercerita bagaimana proses kreatif atau inspirasi sebuah lagu ditulis. Freddy selalu mengelak apabila ditanya tentang bagaimana makna lagu ciptaannya atau bagaimana inspirasinya timbul. Freddy sangat membenci terhadap banyak analisa dalam materinya, ia lebih menyukai dan memberi kebebebasan kepada penikmatnya untuk membangun penafsiran mereka sendiri. Ia mempersilahkan penikmat untuk dapat merekontruksi cara berpikirnya, kendati dia mengatakan bahwa dia telah melakukan sebuah riset untuk itu semua termasuk sesi opera-nya.

Proses perekaman Bohemian Rhapsody dilakukan selama 3 (tiga) minggu, dimulai pada tanggal 24 Agustus 1975 di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth di Inggis. Untuk menghasilkan maha karya tersebut Queen menggunakan berbagai alat musik seperti : Fender Precision Electric Bass, Red Special electric guitar, Ludwig Drums, timpani dan sebuah Paiste Gong. Freddy sendiri menggunakan sebuah Bechstein “Concert” Grand Piano, yang digunakannya juga saat promosi video dan konser Tour Bohemian Rhapsody di UK .

Pembuatan koor pada lagu Bohemian Rhapsody yang terdiri dari 180 (note : ada yang menyebut 120) vokal latar itu direkam secara marathon di mesin rekaman 24 trek dengan vokal anggota Queen selama satu minggu. Ini merupakan salah satu unsur keunikan Bohemian Rhapsody yang memadukan berbagai unsur musik klasik salah satunya yaitu opera.

Para pengamat membagi komposisi Bohemian Rhapsody menjadi 6 bagian menarik :

Introduction yaitu dari menit ke 0:00 smpai dengan 0:48
Ballad yaitu dari menit ke 0:48 sampai dengan 2:36
Guitar solo yaitu dari menit ke 2:36 sampai dengan 3:02
Opera yaitu dari menit ke 3:02 sampai dengan 4:07
Hard Rock yaitu dari menit ke 4:07 sampai dengan 4:55
Outro yaitu dari menit ke 4:55 sampai dengan 5:55

Dengan total durasi 5 menit 55 detik itu sempat membuat pesimis bahwa single itu akan bisa menjadi hit karena terlalu panjang. Freddie sempat kecil hati, tetapi suatu ketika ia meng-copy single tersebut untuk temannya seorang DJ radio di London, Kenny Everet. Freddie mengatakan pada Kenny, bahwa lagu itu diberikan benar-benar secara pribadi dan tak boleh diputar di radio atau untuk umum. Tapi Kenny justru nekad memutar lagu itu di radionya, hingga empat belas kali dalam hari yang sama. Sejak saat itu, seluruh stasiun radio besar memutar secara utuh lagu itu dan, Bohemian Rhapsody menjadi hit dan menggemparkan Inggris pada masa itu, serta menempati tangga nomer satu selama sembilan minggu. Bahkan hingga sekarang menjadi Magnum Opus yang sangat legendaris…
Kemisteriusan Magnum Opus Bohemian Rhapsody menimbulkan banyak perbedaan pendapat mengenai maknanya, diantaranya :

* Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dihukum mati karena habis membunuh seseorang. Ia menuliskan pesan terakhirnya kepada ibunya untuk menjelaskan situasinya (Mama.. just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now hes dead, Mama.. life had just begun, But now Ive gone and thrown it all away,Mama ooo)

* Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang miskin (I am just a poor boy) yang tertekan yang kemudian membunuh seseorang (Mama..just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Dan dia harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya. Kemudian dia meminta (atau dimintakan?) pengampunan karena alasan latar belakangnya yang miskin. Bahwa hanya Tuhan yang semestinya menghukumnya, bukan masyarakat. Dia kemudian mencoba membantahnya bahwa dia telah membunuh seseorang, dengan istilah jalanannya : “menari” (will you do a fandango). Dan menanamkan setan dalam dirinya sebagai alasan lain (Beezelbub). Namun nampaknya dia tidak memperoleh kemudahan. Bahkan timbul konflik batin, karena bagaimanapun dia tidak boleh lepas dari kenyataan (no escape from reality) dan harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya.

* Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan kenyataan atau ramalan kehidupan Freddy Mercury. Bahwa “just killed a man” dalam lirik tersebut bisa diartikan bahwa dia membunuh orang lain, atau membunuh dirinya sendiri. Ingat bahwa Freddy seorang homoseksual yang pada masa itu (era tahun 70-an) dapat dihukum mati, atau ramalan terhadap penyakitnya yang kelak menyebabkan kematian tragisnya.

* Bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang miskin (I am just a poor boy) yang akan dihukum gantung (Open your eyes Look up to the skies and see) untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya karena membunuh (just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Tapi dia tidak ingin dikasihani (i need no sympathy). Dan kemudian dia membaca mantra agar diloloskan dari hukumannya. Semua dia mintai pertolongan….., mulai kepada Allah (Bismillah) sampai kepada Setan (Beezelbub).

Kamu tentu bebas pula mengapresiasikan makna lagu Bohemian Rhapsody ? Berjuta apresiasi akan bermunculan, namun yang pasti May-Deacon-Taylor pasti akan tetap bungkam, berlindung di belakang kematian Freddy. Karna, sebagaimana lukisan Monalisa – Leonardo Da Vinci, maka Bohemian Rhapsody ini akan tetap menarik menjadi misteri kehidupan sejalan dengan kepergian si pencipta..

Unknown, Google, Kaskus